Sukses

PM Jacinda Ardern Beber Jurus Sukses Selandia Baru Tangani COVID-19 ke Joe Biden

Liputan6.com, Wellington- Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern termasuk dari salah satu pemimpin dunia yang menyampaikan ucapan selamat kepada Joe Biden, karena berhasil terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat. 

Dalam menyambut kemenangan Biden, PM Arden menawarkan untuk berbagi jurus sukses negaranya dalam menangani Virus Corona COVID-19.

Dalam panggilan telepon selama 20 menit dengan Biden, PM Ardern mengatakan bahwa perbincangan itu berjalan hangat. Presiden terpilih AS tersebut juga meyambut baik cara Selandia Baru menangani pandemi di wilayahnya.

"Apa yang benar-benar menjadi inti dari tanggapan kami adalah beberapa hal mendasar seputar pengujian, pelacakan kontak, isolasi," kata PM Ardern.

"Itu mencakup atas apa yang telah kami lakukan di perbatasan kami," lanjutnya.

Diketahui bahwa Selandia Baru telah berhasil meredam pandemi COVID-19 di sebagian besar wilayahnya setelah memberlakukan penguncian yang ketat pada Maret 2020 dan menutup perbatasannya.

Selain itu, negara dengan 5 juta warga tersebut bahkan hanya mencatat 25 kematian akibat COVID-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Selandia Baru Sambut Kerja Sama dengan Amerika Serikat

PM Ardern juga mengatakan bahwa Biden ingin melanjutkan diskusi lebih lanjut terkait penanggapan Selandia Baru terhadap COVID-19.

Namun PM Ardern juga mengingatkan bahwa model yang dilakukan di negaranya mungkin tidak dapat ditiru di beberapa negara.

Meskipun Selandia Baru memiliki sejumlah keuntungan alami yang telah membantu kami dalam mengelola virus, saya sangat yakin bahwa kerja sama internasional terus menjadi kunci untuk mengendalikan virus," tutur PM Ardern seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (23/11/2020).

"Kami senang bekerja sama dengan negara mana pun, untuk berbagi pengetahuan dan data kami jika itu bisa digunakan," tambahnya.

Selain penanganan COVID-19, PM Ardern dan Biden juga membahas isu perdagangan dan perubahan iklim, dan warisan terpilih Irlandia dengan kenangan indahnya ketika mengunjungi Selandia Baru beberapa tahun lalu.

PM Ardern pun mengungkap berminat untuk mengundang Biden berkunjung lagi ke Selandia Baru.

Sementara itu, Biden dalam pernyataannya memuji "kepemimpinan luar biasa" PM Ardern setelah penembakan massal pada tahun 2019 di dua masjid di Kota Christchurch, dan sebagai seorang ibu yang semangat bekerja sebagai pemimpin. 

3 dari 4 halaman

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: