Sukses

Suka Banyak Minum Air Tapi Tak Ingin Sering Kencing? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta- Buang air kecil alias kencing secara teratur itu sehat. Namun, jika terlalu sering mungkin itu sangat meresahkan. Terutama bagi Anda yang gemar jalan-jalan.

Tak lucu jika setiap satu jam sekali Anda harus buang air kecil. Sebelum mengetahui cara mengatasi hal ini, kita cari tahu dahulu penyebabnya.

Kebanyakan dari Anda mungkin sudah paham, bahwa mengonsumsi terlalu banyak air bisa menyebabkan seseorang kencing lebih dari angka wajar setiap harinya.

Apa yang masuk harus keluar, bukan?

Semakin banyak cairan yang Anda minum, semakin banyak Anda perlu buang air kecil. Jadi, jika Anda pergi banyak, pertama-tama Anda harus melihat berapa banyak air yang Anda konsumsi, kata Tanaka Dune, M.D., ahli urologi di NewYork-Presbyterian dan Weill Cornell Medicine, demikian dikutip dari laman Self.com, Senin (23/11/2020).

"Saat Anda minum terlalu banyak, tubuh Anda akan mengeluarkan apa yang tidak dibutuhkannya," katanya.

Kebutuhan air Anda sangat individual, jadi Anda mungkin membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit daripada yang lain tergantung pada sejumlah faktor-faktor.

Seperti ukuran tubuh, tipe tubuh, dan tingkat aktivitas Anda. Karena itu, disarakan agar wanita memiliki minum 11,5 cangkir cairan sehari, termasuk dari air, minuman lain, dan makanan.

Jika warnanya kuning muda atau bening, itu berarti Anda minum cukup cairan untuk mencairkan pigmen urokrom secara memadai, yang membantu memberi warna khas pada kencing.

Tetapi jika kencing Anda selalu jernih dan Anda merasa seperti menghabiskan hidup Anda di kamar mandi, Anda mungkin minum terlalu banyak air.

 

2 dari 3 halaman

Bagaimana Caranya Agar Tak Kencing Tiap Saat?

Sebenarnya tubuh kita mengandung sekitar 70% air, jadi sangat penting untuk tetap terhidrasi. Namun, terlalu sering kencing juga akan mengganggu hari Anda.

Berikut adalah beberapa tip dan trik untuk menenangkan kandung kemih yang terlalu aktif:

1. Hindari Hal Berikut

Kopi dan alkohol adalah penyebab utama di sini. Teh, cokelat, dan soda juga masuk dalam daftar ini, sebab sangat potensial.

Kami tahu, mungkin sulit untuk berpisah dari makanan dan minuman yang Anda gemari. Tetapi ini dapat membantu Anda dalam jangka panjang untuk berhenti merokok. Zat ini merupakan stimulan dan diuretik dan dapat meningkatkan perasaan harus pergi ke toilet.

2. Olahraga

Latihan pengencangan otot tertentu dapat membantu Anda mengurangi hasrat ingin buang air.

Jadi, melatih perut bagian bawah, punggung, dan paha bagian dalam serta melakukan senam Kegel tidak akan membuat Anda ingin ke kamar mandi terus.

Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk melewati fase ini. Jumlah pasti air yang dibutuhkan bervariasi tergantung pada berat badan, pola makan, usia, rutinitas olahraga, dan banyak faktor lainnya, tetapi aturan umumnya adalah minum setiap kali Anda haus.

Dengarkan isyarat yang diberikan tubuh Anda, karena ia tahu kapan ia membutuhkan air.

Dan selama Anda mengembangkan kebiasaan untuk tetap terhidrasi dengan baik, kandung kemih Anda akan terbiasa dengan asupannya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: