Sukses

13-11-1861: Merasa Popularitasnya Tinggi, Jenderal AS George McClellan Hina Presiden Lincoln

Popularitas tinggi yang dimiliki oleh Jenderal George McClellan membuat ia bersikap angkuh dengan tidak menghormati otoritas Presiden Abraham Lincoln.

Liputan6.com, Washington D.C. - Pada 13 November 1861, Presiden Abraham Lincoln melakukan kunjungan larut malam ke kediaman Jenderal George McClellan, yang baru-baru itu ditunjuk Lincoln sebagai jenderal tertinggi pasukan Union. Namun, McClellan masuk ke kamarnya sebelum berbicara dengan presiden.

Dikutip dari History.com, Jumat (13/11/2020), peristiwa itu menjadi contoh paling terkenal dari sikap angkuh McClellan yang mengabaikan otoritas Presiden Lincoln.

Lincoln telah menunjuk McClellan untuk memimpin Angkatan Darat Potomac, tentara utama Union di Timur, pada Juli 1861 setelah kekalahan Union yang menghancurkan di Pertempuran Pertama Bull Run, Virginia.

McClellan segera mulai membangun pasukan yang efektif dan ia diangkat menjadi jenderal setelah Winfield Scott mengundurkan diri musim gugur kala itu.

McClellan mendapat pujian atas prakarsa militernya, tetapi ia dengan cepat mengembangkan reputasi atas kesombongan dan penghinaannya terhadap para pemimpin politik di Washington setelah diangkat ke pos militer tertinggi.

McClellan mulai secara terbuka bergaul dengan para pemimpin Demokrat di Kongres dan menunjukkan ketidakpeduliannya terhadap Republikan yang bekerja di administrasi negara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

McClellan Juga Hina William Seward dan John Hay

Kepada istrinya, McClellan menulis bahwa Lincoln "tidak lebih dari babon yang bermaksud baik" dan Menteri Luar Negeri William Seward adalah "anak anjing kecil yang tidak kompeten".

Lincoln sering mengunjungi rumah McClellan pada malam hari untuk membahas strategi. Pada 13 November, Lincoln, Seward dan sekretaris presiden John Hay mampir untuk menemui sang jenderal. McClellan sedang keluar, jadi ketiganya menunggu kepulangannya.

Setelah satu jam, McClellan masuk dan diberitahu oleh seorang portir bahwa para tamu sudah menunggu. McClellan menuju kamarnya tanpa sepatah kata pun, dan hanya setelah Lincoln menunggu setengah jam lagi, kelompok itu diberitahu tentang McClellan ke tempat tidur.

Hay merasa bahwa presiden seharusnya sangat tersinggung, tetapi Lincoln menjawab bahwa "lebih baik saat ini untuk tidak menonjolkan etiket dan martabat pribadi".

Lincoln tidak lagi mengunjungi rumah sang jenderal. Pada bulan Maret 1862, presiden memberhentikan McClellan sebagai panglima angkatan darat.

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini