Sukses

Antusiasme Pemilih Mahasiswa pada Pemilu AS 2020 Terpantau Tinggi

Para mahasiswa di berbagai universitas di seluruh AS terpantau antusias dalam menggunakan hal pilih mereka untuk pemilu.

Liputan6.com, Jakarta- Antusiasme para mahasiswa di berbagai universitas di seluruh AS terpantau tinggi dalam memberikan suara mereka dalam pemilihan presiden 2020, demikian menurut laporan CNN.

Tempat-tempat pemungutan suara pun juga difasilitasi di sejumlah kampus di Negeri Paman Sam tersebut. 

Seperti di University of Pittsburgh, di Negara Bagian Pennsylvania, AS di mana banyak di antara mahasiswa yang bersemangat memberikan suara mereka sebelum belajar di kelas. 

Dilansir CNN, Rabu (4/11/2020), para mahasiswa pun berbaris untuk mengantre di Oakland Career Centre yang menjadi salah satu TPS pemilu AS di Pennsylvania.

"Semua orang sangat bersemangat untuk memberikan suara mereka. Kami memiliki sukarelawan yang mencoba bersaing untuk menjadi yang pertama dalam antrean pagi ini," ungkap Sophia Shapiro, Co-president untuk University of Pittsburgh Students for Biden, kepada CNN. 

"Orang-orang sangat antusias dan optimis dan sangat termotivasi untuk membuat suaranya didengar," lanjutnya. 

Sementara itu, TPS di Mesa Community College di Negara Bagian Arizona juga terpantau memiliki situasi serupa. 

Di tempat pemungutan suara itu, warga telah mengantre sejak subuh. Padahal, TPS tersebut baru akan dibuka 06.00 pagi waktu setempat, menurut Carla Naranjo (21 tahun), salah satu penyelenggara dari Arizona Center for Empowerment - badan perlindungan voting.

TPS di Mesa Community College pun tetap terbuka untuk anggota masyarakat dan pelajar, kata Naranjo.

Naranjo juga menambahkan bahwa antrean pemilih dipenuhi oleh "sebagian besar anak muda". 

"Mereka datang dan mengatakan iya, saya adalah pemilih pertama. Mereka keluar dengan semangat sambil membawa stiker dan umumnya, mereka bersemangat dan siap memilih," terang Naranjo, tentang pemilih muda yang ia ajak bicara di Mesa.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antusias yang Tak Kalah Tinggi di Virginia-Texas

Sama halnya di Virginia, antusias tinggi dari mahasiswa juga terlihat. 

Ian Waite (20 tahun), yang sedang menempuh pendidikannya di Universitas George Mason di Fairfax County, memberikan suaranya dalam pemilu AS untuk pertama kali. 

Ketua George Mason College Republicans dan College Republicans Federation of Virginia itu mengungkapkan kepada CNN, bahwa ia menggunakan hak pilih pertamanya dengan memilih para kandidat Partai Republik.

"Saya pikir secara keseluruhan, kampus kami sangat bersemangat dengan pemilihan ini. Kampus kami melakukan pekerjaan yang bagus dengan memberikan kesempatan bagi kami untuk menyuarakan keyakinan kami," tutur Waite.

"Partisipasi pemilih di kampus kami pun cukup tinggi," tambahnya. 

Adapun antusias mahasiswa lainnya di Negara Bagian Texas, yang memberikan suara mereka di Universitas Houston. 

"Antusiasme yang ditunjukkan oleh para mahasiswa UH telah menjadi salah satu momen dalam menunjukkan persatuan terbaik yang pernah saya lihat di kampus ini," kata Isaiah Martin (22 tahun), salah satu mahasiswa yang juga merupakan pengelola kelompok inisiatif mahasiswa di Universitas Houston.

 

3 dari 3 halaman

Peta Hasil Pemilu AS 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.