Sukses

Dapatkah Warga AS yang Tinggal di Luar Negeri Berpartisipasi dalam Pilpres?

Ada jutaan warga Amerika Serikat yang tinggal di luar negeri. Bisakah mereka ikut dalam pilpres AS?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi jutaan orang Amerika Serikat, usia pemilih yang tinggal di luar negeri, tampaknya terlalu merepotkan untuk memberikan suara dalam pemilihan prrsiden di negara asalnya.

Tetapi memberikan suara dari luar negeri sebenarnya cukup mudah, dan itu sepadan dengan upayanya, kata pejabat Demokrat dan Republik, demikian dikutip dari laman New York Times.

"Saya pikir ini adalah hak istimewa yang sangat besar bahwa kita dapat memberikan suara dalam pemilihan yang disaksikan oleh seluruh dunia," kata Julia Bryan, ketua internasional Demokrat di Luar Negeri.

Hasil pemilu belum final sampai setiap suara yang belum tiba dapat dihitung, dan suara tersebut dapat menentukan.

Kandidat yang kemenangannya berasal dari surat suara yang terlambat hadir termasuk Senator Maggie Hassan dari New Hampshire pada 2016, Gubernur Roy Cooper dari North Carolina pada 2016, mantan Senator Jim Webb dari Virginia pada 2006, Presiden George W. Bush pada 2000 dan, dan Troy Balderson, seorang Republikan yang memenangkan pemilihan DPR khusus di Ohio.

"Dengan pemungutan suara, orang Amerika Serikat di luar negeri juga mendorong anggota Kongres untuk memperhatikan masalah yang mempengaruhi kehidupan mereka, seperti pajak berganda," kata Kym Kettler-Paddock, direktur komunikasi Republicans Overseas.

"Ketika orang Amerika di luar negeri tidak memilih, masalah kami tidak diangkat oleh legislator," katanya.

Bagaimana Cara Mendaftar?

Untuk memastikan bahwa Anda tetap dalam daftar pemilih negara bagian Anda, ada baiknya untuk mendaftar dan meminta surat suara yang di awal setiap tahun kalender dan setiap kali Anda mengubah alamat.

Formulir pendaftaran disebut Federal Post Card Application atau Aplikasi Kartu Pos Federal. Cara termudah untuk mengisinya adalah melalui situs web seperti Program Bantuan Pemungutan Suara Federal yang dikelola pemerintah, Yayasan Pemungutan Suara Luar Negeri nonpartisan, atau VoteFromAbroad.org, situs non-partisan yang dijalankan oleh Demokrat di Luar Negeri. Ketiga situs tersebut akan memandu Anda melalui proses tersebut.

Setelah Anda selesai, cetak, tanda tangani dan beri tanggal formulir dan ikuti petunjuk untuk mengembalikannya.

Beberapa negara bagian mengizinkan pemilih untuk meminta surat suara dan mengembalikannya melalui faks atau email. Anda juga harus menghubungi kantor pemilihan lokal Anda untuk memastikan permintaan surat suara Anda diterima.

 

Simak video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Negara Bagian Mana Saya Memberikan Suara?

Biasanya, gunakan alamat tempat tinggal terakhir Anda di Amerika Serikat sebagai alamat pemungutan suara, meskipun alamat itu tidak lagi memiliki ikatan dengan Anda.

Tidak ada surat yang akan dikirim ke sana. Anda mungkin juga dapat menggunakan alamat yang ditautkan ke SIM yang valid.

Anda juga dapat mengubah tempat pendaftaran, sesuai dengan persyaratan tempat tinggal negara bagian, tetapi perlu diingat bahwa mungkin ada implikasi pajak.

Kapan Saya Harus Mendaftar, Meminta Surat Suara dan Mengembalikannya?

Secepatnya. Mendaftar lebih awal setiap tahun memastikan bahwa Anda menerima surat suara untuk semua pemilihan utama, umum dan khusus. Tenggat waktu berbeda-beda di setiap negara bagian.

Instruksi juga berbeda-beda di setiap negara bagian tentang cara menandatangani amplop atau pernyataan tertulis terlampir, jadi pastikan Anda mengikutinya dengan cermat. Hubungi kantor pemilihan lokal Anda jika Anda tidak mendapatkan konfirmasi bahwa surat suara Anda telah diterima.

Bagaimana dengan Anggota Militer?

Anggota dinas dan pasangan yang ditempatkan di luar negeri tidak dapat memberikan suara di instalasi militer mereka dan harus mengikuti proses yang sama untuk pendaftaran dan permintaan surat suara yang tidak hadir.

Daftar ini memberikan tanggal yang direkomendasikan untuk mengirimkan surat suara Anda berdasarkan lokasi Anda. Bantuan juga tersedia di Kantor Bantuan Pemilih Instalasi.

 

3 dari 3 halaman

Bagaimana Jika Saya Belajar di Luar Negeri?

Jika sekolah Anda berada di luar negara bagian asal, Anda dapat mendaftar di salah satu tempat (tetapi tidak keduanya), tunduk pada persyaratan tempat tinggal negara bagian. Ikuti proses yang sama untuk mendaftar dan meminta surat suara yang khusus.

Bagaimana Jika Saya Tidak Pernah Tinggal di Amerika Serikat?

Sebagian besar negara bagian mengizinkan orang Amerika yang tidak pernah tinggal di Amerika Serikat untuk menggunakan alamat pemungutan suara dari orang tua warga negara.

Dapatkah Saya Memberikan Suara di Kedutaan atau Konsulat Lokal?

Tidak. Kedutaan dan konsulat Amerika Serikat bukanlah tempat pemungutan suara resmi, meskipun mereka dapat memberikan bantuan dalam mendaftar untuk memberikan suara atau mendapatkan surat suara cadangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.