Sukses

Pemilu Kian Dekat, Joe Biden dan Donald Trump Gencarkan Kampanye Keliling AS

Calon presiden Donald Trump dan Joe Biden tengah menggencarkan kampanyenya sebelum pilpres AS mendatang.

Liputan6.com, Washington D.C - Donald Trump dan Joe Biden telah melakukan perjalanan ke seluruh negeri pada hari Minggu saat pemilihan AS memasuki tahap penutupan.

Presiden Trump mengunjungi lima negara bagian yang menjadi medan pertempuran, sementara penantangnya, Biden, berbicara di sebuah acara kampanye di Pennsylvania.

Melansir BBC, Senin (2/11/2020), kandidat Demokrat mempertahankan keunggulan nasional yang solid dalam pemilihan jelang pemilihan umum hari Selasa besok. Tetapi keuntungan ini lebih sempit di negara-negara bagian utama yang dapat menentukan hasilnya.

Lebih dari 90 juta orang telah memberikan suara mereka pada periode awal pemungutan suara, hingga menempatkan negara tersebut di jalur jumlah pemilih tertinggi dalam satu abad.

Pemilihan umum presiden AS dilakukan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 yang sedang berlangsung. 

AS telah mencatat lebih banyak kasus dan lebih banyak kematian daripada negara lain di seluruh dunia.

Pakar virus terkemuka Anthony Fauci pun mengkritik penanganan pandemi oleh pemerintahan Trump secara tajam, sehingga kemudian mendapat teguran dari Gedung Putih pada hari Minggu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Donald Trump Kunjungi 5 Negara Bagian

Presiden Partai Republik memiliki jadwal yang padat pada hari Minggu kemarin.

Ia mengadakan kampanye di Iowa, Michigan dan Carolina Utara, dan kemudian di Georgia dan Florida - semua negara bagian di mana jajak pendapat menunjukkan persaingan yang lebih ketat.

Ketika tengah berbicara di Washington, sebuah kota di Michigan di utara Detroit, Trump mengatakan kepada para pendukungnya bahwa di bawah kepemimpinannya "ekonomi sekarang tumbuh pada tingkat tercepat yang pernah tercatat".

Dia memperkirakan bahwa dirinya akan mengambil alih negara bagian itu lagi seperti yang dia lakukan pada 2016, dan mengatakan bahwa negara bagian yang sebenarnya terkenal dengan manufaktur mobilnya "tidak memiliki pabrik mobil empat tahun lalu" ketika dia terpilih. 

"Kami mengembalikan industri mobil Anda. Industri mobil Anda sudah selesai. Anda tidak akan ketinggalan apa-apa lagi," katanya.

Pada rapat umum berikutnya di Dubuque, Iowa - diikuti oleh pendukung terkenal seperti putrinya Ivanka dan ajudan Hope Hicks - Trump menjanjikan perbatasan yang aman dan hakim yang lebih konservatif di pengadilan.

Menyikapi masalah pandemi COVID-19, dia mengatakan kepada para pendukungnya bahwa mereka memiliki pilihan antara "keputusan penguncian oleh Biden yang mematikan" atau "vaksin aman yang mengakhiri pandemi".

Komentarnya muncul setelah Dr Fauci, kepala Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, mengatakan kepada surat kabar Washington Post bahwa AS "memiliki banyak luka" dalam beberapa bulan mendatang.

"Semua bintang sejajar di tempat yang salah saat Anda memasuki musim gugur dan musim dingin, dengan orang-orang berkumpul di rumah di dalam ruangan," katanya kepada surat kabar itu.

3 dari 4 halaman

Kampanye Joe Biden di Pennsylvania

Penantang Demokrat dan mantan wakil presiden sementara itu menuju ke Pennsylvania, tempat kelahirannya dan negara bagian penting lainnya dalam pemilihan.

Trump menang tipis di sana pada tahun 2016 tetapi jajak pendapat menunjukkan bahwa Biden sedikit unggul tahun ini.

Pada rapat umum di Philadelphia, Biden berpidato di depan komunitas kulit hitam kota itu, bersumpah untuk membahas "rasisme sistemik" di AS dan menyerang penanganan pandemi oleh presiden - sesuatu yang secara tidak proporsional memengaruhi orang Afrika-Amerika.

"Cara dia menanganinya hampir seperti kriminal," katanya. 

"Ini adalah peristiwa korban massal di komunitas kulit hitam dan itu sama sekali tidak perlu."

Sebelumnya pada hari itu, Biden juga mendekati pemilih Latin dengan tulisannya di Twitter dalam bahasa Spanyol, berbicara tentang pemisahan keluarga migran di perbatasan dan tanggapannya terhadap Badai Maria setelah melanda Puerto Rico.

"Presiden Trump telah menyerang martabat keluarga Latin berkali-kali," bunyi tweet itu. 

"Ini akan berakhir saat saya menjadi presiden."

Kampanyenya mengatakan dia dan pasangannya Kamala Harris akan "menyebar" ke "keempat penjuru" Pennsylvania pada hari Senin, diikuti oleh mitra mereka dan bintang pop Lady Gaga dan John Legend.

Pada hari Minggu, Harris berkampanye di Georgia, negara bagian lain yang dimenangkan Trump pada 2016, tetapi dicoba dimenangkan oleh Partai Demokrat tahun ini.

"Ini bukan waktunya untuk menyerah," katanya kepada orang banyak di Gwinnett County. 

"Semuanya dipertaruhkan."

4 dari 4 halaman

Infografis Pemilu AS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.