Sukses

Merasa Lebih Percaya Diri Selfie dengan Angle Wajah Sebelah Kiri? Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Setiap Anda mengambil swafoto atau yang lebih dikenal dengan selfie, Anda kerap merasa lebih percaya diri untuk menunjukkan salah satu sisi wajah daripada yang lainnya. 

Annukka Lindell, seorang profesor neuropsikologi di La Trobe University di Melbourne, telah menemukan bahwa sebagian besar pemotret selfie lebih suka menunjukkan sisi kiri mereka dalam gambar. Demikian seperti mengutip Bright Side, Senin (26/10/2020). 

Dia menganalisis 2.000 selfie dari Instagram untuk memahami mengapa banyak orang menganggap sisi wajah yang satu lebih baik dibandingkan lainnya.

Peneliti menemukan bahwa orang juga lebih suka menunjukkan sisi kiri mereka saat mengambil selfie di cermin.

Saat seseorang berpose di depan cermin dan mengambil foto mereka, mereka biasanya menunjukkan pipi kanannya. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunjukkan Lebih Banyak Emosi

Potret orang lain yang dilukis menunjukkan bias asimetris yang sama: orang menyukai pipi kiri mereka.

Peneliti ini percaya bahwa itu mungkin mencerminkan keinginan bawah seseorang sadar untuk menunjukkan pipi kiri mereka yang lebih menarik.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa sisi kiri wajah lebih ekspresif secara emosional.

Hal ini bisa dijelaskan dengan cara memproses perasaan di otak. Sisi kanan otak yang mengontrol otot-otot di sisi kiri tubuh dominan emosi.

Inilah sebabnya mengapa orang secara intuitif menunjukkan pipi kiri ketika diminta berpose untuk foto emosional, dan pipi kanan saat berpose untuk foto yang menyembunyikan perasaan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.