Sukses

Bentrok Antar Suku di Sudan Terjadi Usai Pemecatan Gubernur, Akibatnya 6 Orang Tewas

Enam orang tewas menjadi korban dari aksi bentrokan antar suku di Sudan.

Liputan6.com, Khartoum - Bentrokan antar suku terjadi pada Rabu kemarin di Sudan timur atas keputusan perdana menteri untuk memecat seorang gubernur provinsi.

Bentrokan tersebut menewaskan sedikitnya enam orang, kata satu kelompok medis.

Mengutip laman Washington Post, Kamis (15/10/2020), kekerasan itu terjadi sehari setelah pihak berwenang mengumumkan bahwa inflasi tahunan telah mencapai rekor baru karena harga roti dan kebutuhan pokok lainnya terus melonjak, menurut angka resmi. Bentrokan dan inflasi tinggi mengancam transisi rapuh Sudan menuju demokrasi setelah penggulingan otokrat lama Omar al-Bashir pada tahun lalu. 

Perdana Menteri Abdalla Hamdok pada hari Selasa memecat Saleh Ammar, gubernur provinsi Kassala yang baru diangkat, menyusul protes sporadis baru-baru ini terhadap pengangkatannya yang terkadang mematikan. 

Ammar, yang berasal dari suku Beni Amer, diangkat menjadi gubernur Kassala pada Juli, ketika Hamdok menunjuk gubernur sipil untuk 18 provinsi di negara itu. Dia dinominasikan oleh gerakan pro-demokrasi yang berada di balik pemberontakan melawan al-Bashir.

Tetapi protes, terutama oleh suku saingan yang menentang pengangkatannya, melarang Ammar memasuki Kassala, jadi dia tetap tinggal di ibu kota, Khartoum. Demonstrasi meningkat pada Agustus, ketika sedikitnya lima orang tewas dan lebih dari tiga lusin lainnya luka-luka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Tewas dan 27 Lainnya Luka-Luka

Bentrokan yang meletus pada hari Rabu tersebut antara suku-suku yang berlawanan di kota Suakin, di provinsi tetangga Laut Merah, dengan 6 orang tewas dan setidaknya 27 lainnya luka-luka termasuk tiga dalam kondisi kritis, menurut Komite Dokter Sudan, yang juga berkampanye untuk penggulingan al-Bashir. 

Kelompok itu mengatakan bentrokan mereda pada Rabu malam. 

Usai insiden ini, otoritas lokal memberlakukan jam malam selama 16 jam di Suakin dan kota Port Sudan, sarang bentrokan mematikan, setelah pengunjuk rasa yang marah memblokir jalan-jalan utama di sana, menurut kantor berita resmi SUNA.

 

3 dari 3 halaman

Inflasi dan Masalah Ekonomi

Pada hari Selasa, Badan Pusat Statistik Sudan mengatakan inflasi tahunan pada bulan September naik menjadi 212,29% dari 166,83% pada bulan Agustus. Kenaikan tersebut didorong oleh kenaikan harga roti dan sayuran, dan lonjakan tarif transportasi, katanya.

Inflasi telah meningkat bahkan sebelum militer menggulingkan al-Bashir pada April 2019 di tengah pemberontakan populer.

Kondisi ekonominya telah menderita dari beberapa dekade sanksi AS dan salah urus di bawah al-Bashir, yang telah memerintah negara itu sejak kudeta militer yang didukung Islam pada tahun 1989. 

Pemerintah transisi sedang berjuang untuk menghidupkan kembali ekonomi di tengah defisit anggaran yang sangat besar dan kekurangan barang-barang penting yang meluas, termasuk bahan bakar, roti dan obat-obatan.

Sudan memiliki hampir $ 60 miliar utang luar negeri dan keringanan utang serta akses ke pinjaman luar negeri secara luas dipandang sebagai pintu gerbang menuju pemulihan ekonomi. Tetapi akses ke pinjaman luar negeri terkait dengan penghapusan sanksi terkait dengan pencatatan negara itu oleh AS sebagai negara sponsor teror. 

Pemerintahan Presiden Donald Trump telah mengaitkan pencabutan dari daftar tersebut dengan menormalisasi hubungan dengan Israel, sebuah masalah yang telah memecah belah pemerintah sementara Sudan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.