Sukses

Tak Hanya untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Tersembunyi dari Buah Lemon

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini buah lemon memang diketahui memiliki jutaan manfaat untuk kesehatan.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata buah lemon juga memiliki segudang manfaat lainnya selain untuk kesehatan tubuh?

Mulai dari membersihkan rumah hingga perawatan kulit, ternyata buah lemon menyimpan banyak manfaat. Bahkan, seluruh bagian dari buah ini bisa dimanfaatkan seperti daging buah hingga kulit terluarnya.

Mengutip laman Bright Side, Kamis (8/10/2020), berikut adalah 7 manfaat buah lemon selain untuk kesehatan:

2 dari 3 halaman

Membersihkan Barang dan Memutihkan Pakaian

1. Menjadi Bahan Pembersih Serbaguna

Kupas lemon, tuangkan 150 ml cuka di atasnya dan biarkan semalaman. Di pagi hari, tambahkan 150 ml air. Tuang campuran ke dalam botol semprot kosong dan gunakan sebagai larutan pembersih alami di seluruh rumah Anda.

2. Membersihkan Talenan

Menjaga kebersihan talenan bisa menggunakan lemon yang sudah dibelah dua sebagai spons dan garam sebagai scrub. Setelah ini selesai, biarkan papan selama 10-15 menit kemudian ulangi prosedur ini sekali lagi.

3. Memutihkan Cucian atau Pakaian

Untuk mendapatkan cucian menjadi bersih dan putih, rendam cucian dalam campuran jus lemon dan soda kue selama setidaknya setengah jam sebelum dicuci.

 

3 dari 3 halaman

Manikur Kuku hingga Usir Serangga

4. Manikur 

Siapkan bahan peremajaan untuk kuku Anda agar tetap kuat dan sehat. Resepnya sangat sederhana, yaitu hanya dengan menambahkan beberapa tetes jus lemon ke air hangat.

5. Menumbuhkan Kecambah Tanaman

Lemon juga bisa digunakan untuk menanam kecambah. Peras airnya dan masukkan bijinya ke dalam setengah lemon. Kemudian tanam bibit di tanah bersama dengan pot lemon.

6. Menghilangkan Bau Sepatu

Biarkan kulit jeruk segar di sepatu Anda semalaman untuk menyerap bau.

7. Mengusir Serangga

Untuk mencegah semut masuk ke rumah, tuangkan sedikit jus lemon ke kusen jendela dan ambang pintu. Dan untuk membasmi nyamuk, tempelkan cengkeh di atas potongan lemon yang dibelah menjadi dua.