Sukses

Arkeologi Temukan Patung Dewa Mesir Nefertum di Pemakaman Kuno

Misi arkeologi Mesir menemukan patung pahatan dewa Mesir kuno Nefertum.

Liputan6.com, Kairo - Misi arkeologi Mesir menemukan patung pahatan dewa Mesir kuno Nefertum. Benda bersejarah itu ditemukan di nekropolis atau pemakaman kuno Saqqara di Provinsi Giza, dekat Kairo, Ibu Kota Mesir.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir, patung setinggi 35 centimeter itu berada di samping peti mati kayu yang baru-baru ini ditemukan. Patung itu terbuat dari perunggu dan bertatahkan batu mulia, batu akik merah, pirus, dan lapis lazuli.

Di bagian kepala patung tersebut terdapat bentuk bunga teratai berwarna-warni menyerupai mahkota, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (3/10/2020).

Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan sekaligus pimpinan misi tersebut mengatakan, patung itu berasal dari Dinasti ke-26 yang memerintah Mesir lebih dari 2.500 tahun silam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Milik Pendeta Kuno

Dia menyebut bahwa nama sang pemilik patung, seorang pendeta kuno bernama Badi Amun, terukir di alasnya.

Selama sebulan terakhir, Mesir mengumumkan penemuan puluhan peti mati utuh di dalam sebuah kuburan sedalam 11 meter di nekropolis Saqqara.

Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir akan mengungkapkan lebih banyak detail mengenai penemuan besar itu pada Sabtu 3 Oktober.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini