Sukses

5 Cara Jitu Untuk Mengetahui Apakah Ruangan Anda Disisipi Kamera Pengintai

Liputan6.com, Jakarta - Privasi dianggap berbeda di seluruh dunia. Misalnya, di Jerman, sangat sedikit kantor yang memiliki pintu terbuka, sedangkan di Amerika, hal ini cukup umum.

Namun, tidak ada yang akan setuju apabila secara diam-diam tengah diawasi oleh kamera pengintai, terutama selama melakukan aktivitas pribadi.

Bright Side ingin memperingatkan Anda: beberapa oknum tak bertanggung jawab biasanya menempatkan kamera tersembunyi di kamar pas mereka.

Ada sejumlah langkah guna mengetahui apakah sebuah ruangan tengah dipasangi kamera pengintai untuk mengintip Anda melakukan hal privasi. Berikut 5 cara mengetahuinya:

 

2 dari 6 halaman

1. Pindai ruangan untuk mencari objek mencurigakan

Cara termudah untuk menemukan kamera tersembunyi adalah dengan melihat sekeliling dan memeriksa sekeliling Anda dengan cermat.

Pencarian inci demi inci dapat membantu untuk segera menemukan tanda-tanda yang agak "jelas". Berikan perhatian khusus pada objek seperti dekorasi dinding, lampu, rak, dan lain-lain. Kabel, lensa, atau lampu yang mencurigakan bisa jadi milik kamera tersembunyi.

 

3 dari 6 halaman

2. Hubungkan ke Wi-Fi

Kamera pengintai biasanya berfungsi pada Wi-Fi, jadi Anda dapat menemukannya dengan menghubungkan ke jaringan yang tersedia di ruangan.

Kemudian Anda perlu menggunakan aplikasi khusus untuk melihat perangkat lain apa yang terhubung ke jaringan yang sama. Perhatikan perangkat yang menampilkan nama produsen kamera atau daftar hal-hal seperti "kamera IP".

 

4 dari 6 halaman

3. Gunakan senter ponsel Anda

Cermin adalah salah satu tempat paling mudah untuk menyembunyikan kamera di ruang pas, jadi sebaiknya Anda memeriksanya dengan cermat.

Jika ada kesempatan untuk mematikan lampu, coba lakukan dan gunakan senter di ponsel Anda untuk mengintip melalui cermin. Cahaya yang menyinari cermin, memungkinkan Anda untuk melihat lebih jauh, dapat mengungkapkan keberadaan kamera tersembunyi di sisi lain cermin.

 

5 dari 6 halaman

4. Menatap ke cermin

Kamar pas adalah tempat yang tepat untuk menggunakan cermin dua arah karena salah satu sisinya akan terang benderang, dan yang lain dapat disimpan dalam gelap.

Jadi, Anda perlu mengarahkan mata Anda ke kaca, blokir cahaya dengan tangan, dan Anda harus bisa melihat melalui cermin dan mendeteksi apakah itu sebenarnya dua arah.

 

6 dari 6 halaman

5. Sentuh cermin

Saat Anda menyentuh cermin biasa, selalu ada celah kecil antara jari Anda dan pantulannya. Jika Anda melihatnya, bisa dipastikan cermin itu nyata.

Namun, jika jari Anda tampak menyentuh dalam pantulannya, kemungkinan itu adalah cermin dua arah dan Anda sedang diawasi.