Sukses

Abaikan Aturan Masker, Pendeta Ini Dirawat di ICU karena Positif Virus COVID-19

Selain pendeta dan istrinya, lima staf gereja juga terinfeksi Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Idaho - Seorang pendeta di Idaho yang menyebut dirinya "tanpa masker" selama kebaktian dan berulang kali mempertanyakan kebenaran pelaporan kasus Virus Corona jenis baru, kini dikabarkan terbaring di ICU karena tertular COVID-19.

"Paul Van Noy, pendeta senior di Candlelight Church dari Coeur d'Alene telah menghabiskan dua minggu di rumah sakit dengan diagnosis COVID-19," kata koordinator kementerian setempat, Eric Reade mengkonfirmasi kepada CNN yang dikutip Jumat (18/9/2020).

"Lima staf gereja lainnya juga terinfeksi Virus Corona COVID-19, tetapi mereka semua telah pulih," tambahnya.

Dalam sebuah komentar yang dibagikan melalui Candlelight Church, Van Noy mengatakan dia akan segera pindah dari ICU ke ruangan lain di rumah sakit dan kemudian pulih di rumah.

"Saat ini saya merasa baik-baik saja tetapi masih membutuhkan sedikit bantuan oksigen - terutama jika mencoba untuk bangun dari tempat tidur," katanya dalam sebuah pernyataan melalui gereja.

Istri pendeta Van Noy juga dilaporkan tertular COVID-19, tetapi tidak dirawat di rumah sakit, menurut keterangan dari gereja.

Pasangan itu adalah dua dari lebih dari 3.050 kasus di daerah Idaho Barat Laut, menurut data kesehatan setempat.

Saksikan Juga Vdeo Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gereja Tak Mewajibkan Pakai Masker Saat Ibadah

Candlelight Church menutup pintunya untuk sementara pada bulan Maret, tetapi dibuka kembali untuk kebaktian langsung pada awal Mei.

"Gereja Van Noy tidak mengharuskan umat paroki memakai masker, meskipun mereka dipersilakan," kata koordinator kementerian setempat, Eric Reade kepada CNN.

Dalam sebuah ibadah pada 22 Juli yang diposting online, Van Noy mengatakan meski dia tidak keberatan jika orang lain memakai masker, dia tidak "ingin diberi tahu" bahwa dia perlu memakainya juga.

Dalam sebuah posting Facebook bulan Juli, Van Noy secara keliru mengklaim bahwa mengenakan masker tidak mencegah penularan COVID-19, dan dia mendesak umatnya untuk tidak takut akan "sebab atau akibat COVID-19".

Berbagai penelitian internasional menunjukkan bahwa memakai masker, dipasangkan dengan jarak sosial yang terus-menerus, adalah cara paling efektif untuk mencegah penularan Virus Corona COVID-19.

Masker wajah efektif mencegah orang tanpa gejala bersin, batuk, atau memuntahkan tetesan yang mengandung virus dan mencegah pemakainya menghirup tetesan pembawa virus milik orang lain.

"Semoga kita tetap tenang di saat seperti ini," tulis Van Noy. "Dan, semoga kami mempertahankan kebebasan kami agar tidak segera menghilang. Kami tidak akan menutup gereja kami, kami tidak akan berhenti menyanyikan puji-pujian kepada Tuhan, dan kami tidak akan diminta untuk memakai masker atau menahan diri untuk tidak mengizinkan mereka yang ingin mengenakannya."

3 dari 4 halaman

Akan Mengadakan Acara dengan Tokoh Kontroversial

Gereja Van Noy akan segera menjadi tuan rumah acara yang menggandeng dua tokoh kontroversial pelanggar pedoman Virus Corona COVID-19 yang juga mempertanyakan mandat masker: Charlie Kirk, pendiri kelompok siswa konservatif Turning Point USA, dan Rob McCoy, seorang pendeta California yang didenda karena mengadakan kebaktian gereja dalam ruangan meskipun ada pembatasan terkait COVID -19.

Orang-orang itu akan berbicara di kebaktian akhir bulan ini, "bekerja untuk memahami apa yang dapat dan harus dilakukan oleh peran gereja yang tepat di Amerika dalam menghadapi meningkatnya pertentangan dan permusuhan budaya."

Surat kabar dari Pacific Northwest, Spokesman-Review melaporkan bahwa acara dengan Kirk dan McCoy akan diadakan secara langsung.

4 dari 4 halaman

Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.