Sukses

50 Orang Diduga Tewas dalam Insiden Tambang Emas Runtuh di RD Kongo

Sedikitnya 50 orang dianggap telah tewas ketika sebuah tambang emas yang dieksploitasi secara tradisional runtuh dekat Kamituga di wilayah timur RD Kongo pada Jumat 11 September 2020.

Liputan6.com, Kinshasa - Sedikitnya 50 orang dianggap telah tewas ketika sebuah tambang emas yang dieksploitasi secara tradisional runtuh dekat Kamituga di wilayah timur Republik Demokratik Kongo pada Jumat sore, 11 September 2020.

Keruntuhan itu terjadi di lokasi tambang "Detroit" sekitar pukul 3 sore waktu setempat setelah hujan lebat, kata Emiliane Itongwa, presiden Prakarsa Dukungan dan Supervisi Sosial atas Perempuan --sebuah LSM pertambangan berbasis di Kongo.

"Beberapa penambang berada di lubang yang tertutup runtuhan dan tak seorang pun dapat keluar. Kami sedang memperbincangkan sekitar 50 orang muda," kata Itongwa sebagaimana diwartakan Reuters, dikutip dari Antara, Sabtu (12/9/2020).

Foto-foto dan video media sosial memperlihatkan ratusan orang, sebagian di antaranya dapat didengar menjerit di lereng sekitar jalan masuk lubang tambang.

Tambang itu tidak terletak di konsesi emas Kamituga yang dimiliki oleh Korporasi Banro perusahaan tambang Kanada, kata kepala pengelolaan perusahaan itu.

Kecelakaan-kecelakaan penambangan sering terjadi di lokasi tambang tradisional di Kongo, dengan lusinan tewas setiap tahun di tambang-tambang di mana para penggali dengan peralatan seadanya mengeruk tanah yang dalam untuk mencari bijih emas.

Peristiwa longsor di bekas tambang emas menewaskan 16 orang pada Oktober 2019, sementara 43 penambang liar tewas pada longsor yang lain di sebuah penambangan tembaga dan kobalt pada Juni 2019.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Insiden Serupa Terbaru di RD Kongo

Insiden di tambang "Detroit" hanya terpaut kurang lebih sepekan usai peristiwa serupa di Kasongo, Provinsi Maniema pada 4 Septembe 2020. Tanah longsor di tambang merenggut tiga nyawa, satu terluka, dan satu lainnya yang sempat dinyatakan hilang.

Sementara pada 2019, sekitar 27 penambang artisan tewas ketika tambang emas runtuh di provinsi Upper-Uele negara itu, Anadolu Ajansi melaporkan.

Sebagian besar tanah longsor di negara Afrika tengah itu dipicu oleh hujan lebat yang terus berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.