Sukses

Perundingan Perdamaian Afghanistan - Taliban Dimulai, AS Akan Hadir

Pembicaraan damai pertama antara pemerintah Afghanistan dan Taliban akan dimulai di negara bagian Teluk Qatar pada Sabtu 12 September 2020, setelah berbulan-bulan tertunda.

Liputan6.com, Doha - Pembicaraan damai pertama antara pemerintah Afghanistan dan Taliban akan dimulai di negara bagian Teluk Qatar pada Sabtu 12 September 2020, setelah berbulan-bulan tertunda.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyebut pertemuan itu "bersejarah" saat dia terbang ke Doha untuk upacara pembukaan, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (12/9/2020).

Pembicaraan itu akan dimulai setelah kesepakatan keamanan AS-Taliban pada Februari 2020.

Tetapi ketidaksepakatan tentang pertukaran tahanan yang kontroversial menghentikan tahap berikutnya, seperti halnya kekerasan di Afghanistan, di mana perang selama empat dekade berada di jalan buntu.

Delegasi terkemuka Afghanistan meninggalkan Kabul menuju Doha pada Jumat 11 September, tepat pada peringatan 19 tahun serangan mematikan 9/11 di AS yang berujung pada invasi militer Amerika ke Afghanistan dan berakhirnya kekuasaan Taliban.

Ketua delegasi Afghanistan, Abdullah Abdullah, mengatakan mereka mencari "perdamaian yang adil dan bermartabat".

Pada Kamis 10 September, Taliban mengonfirmasi mereka akan hadir, setelah kelompok terakhir yang terdiri dari enam tahanan dibebaskan.

Ini adalah pembicaraan langsung pertama antara Taliban dan perwakilan pemerintah Afghanistan. Para militan sampai sekarang menolak untuk bertemu dengan pemerintah, menyebut mereka tidak berdaya dan "boneka" Amerika.

Kedua belah pihak bertujuan untuk rekonsiliasi politik dan mengakhiri kekerasan selama beberapa dekade, yang dimulai dengan invasi Soviet 1979.

Pembicaraan itu dimaksudkan untuk dimulai pada Maret 2020, tetapi berulang kali ditunda oleh perselisihan tentang pertukaran tahanan yang disepakati dalam kesepakatan AS-Taliban Februari, serta kekerasan di negara itu.

Perjanjian AS-Taliban yang terpisah namun berkaitan dengan dialog Qatar telah menetapkan jadwal penarikan pasukan asing, dengan imbalan jaminan kontra-terorisme.

Kesepakatan itu membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk diselesaikan, dan pembicaraan Afghanistan-Taliban diperkirakan akan menjadi lebih rumit. Banyak yang khawatir bahwa kemajuan rapuh yang dibuat dalam hak-hak perempuan terancam dikorbankan dalam proses tersebut.

Pembicaraan itu juga menghadirkan tantangan bagi Taliban, yang harus mengedepankan visi politik yang nyata untuk Afghanistan. Mereka sejauh ini tidak jelas, menyatakan bahwa mereka ingin melihat pemerintahan yang "Islami" tetapi juga "inklusif".

Pembicaraan tersebut dapat memberikan lebih banyak bukti tentang bagaimana kelompok militan telah berubah sejak 1990-an, ketika mereka memerintah dengan menggunakan interpretasi yang keras terhadap hukum Syariah.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kespekatan AS - Taliban Februari 2020

AS dan sekutu NATO setuju untuk menarik semua pasukan dalam waktu 14 bulan, sementara Taliban berkomitmen untuk tidak mengizinkan Al-Qaeda atau kelompok ekstremis lainnya untuk beroperasi di wilayah yang mereka kendalikan.

AS juga setuju untuk mencabut sanksi terhadap Taliban dan bekerja dengan PBB untuk mencabut sanksi terpisah terhadap kelompok itu, serta memangkas jumlah pasukannya di negara itu dari sekitar 12.000 menjadi 8.600 dan menutup beberapa pangkalan militer.

Pasukan pimpinan AS telah hadir di Afghanistan selama hampir dua dekade, setelah melancarkan serangan udara untuk menggulingkan Taliban pada 2001 menyusul serangan mematikan 9/11 Al-Qaeda di New York. Taliban, yang melindungi pemimpin Al-Qaeda Osama Bin Laden, menolak untuk menyerahkannya.

Dalam 19 tahun, konflik di Afghanistan - dengan nama sandi Operation Enduring Freedom dan kemudian Operation Freedom's Sentinel - telah menjadi yang terpanjang dalam sejarah AS.

Pada permulaan tahun 2001, AS bergabung dalam pertempurannya oleh koalisi internasional, dan Taliban dengan cepat disingkirkan dari kekuasaan. Namun kelompok militan itu berubah menjadi kekuatan pemberontak yang menggali dan melancarkan serangan mematikan terhadap pasukan pimpinan AS dan militer Afghanistan, serta pejabat pemerintah Afghanistan.

Koalisi internasional mengakhiri misi tempurnya pada tahun 2014. Total korban tewas koalisi pada saat itu hampir 3.500. Lebih dari 2.400 personel militer AS telah tewas. Inggris kehilangan lebih dari 450 tentaranya.

Institut Watson di Universitas Brown memperkirakan pada November 2019 bahwa lebih dari 43.000 warga sipil telah tewas, dengan 64.000 personel keamanan Afghanistan dan 42.000 pejuang anti-pemerintah tewas. Angka sebenarnya tidak akan pernah diketahui.

AS melanjutkan operasi tempur skala kecilnya sendiri setelah 2014, termasuk serangan udara. Sementara itu, Taliban terus mendapatkan momentum dan sekarang mengendalikan lebih banyak wilayah daripada kapan pun sejak 2001.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.