Sukses

Kasus COVID-19 Turun, Victoria Australia Bertahap Longgarkan Lockdown

Victoria, Australia pada hari ini melaporkan 63 infeksi Corona COVID-19 baru dan lima kematian. Lockdown mulai dilonggarkan secara bertahap, terkecuali Ibu Kota Melbourne.

Liputan6.com, Victoria - Negara bagian Victoria yang merupaka wilayah terkena dampak Virus Corona di Australia pada Minggu, 6 September 2020 akan secara bertahap mengurangi penguncian yang ketat, dengan tingkat infeksi menurun lebih lambat dari yang diharapkan.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (6/9/2020) Victoria pada hari ini melaporkan 63 infeksi Corona COVID-19 baru dan lima kematian.

Angka ini turun dari puncak 725 kasus baru pada 5 Agustus, tak lama setelah negara bagian memberlakukan penguncian paksa selama enam minggu di ibu kotanya, Melbourne.

Negara bagian itu telah menjadi episentrum gelombang kedua Virus Corona di Australia, yang sekarang menyumbang sekitar 75 persen dari 26.270 kasus di negara itu dan 90 persen dari 753 kematiannya.

Negara ini sedang menunggu untuk mendengar bagaimana Perdana Menteri negara bagian Daniel Andrews berencana untuk meringankan penguncian, yang telah menyeret upaya Australia untuk keluar dari resesi pertamanya dalam hampir 30 tahun.

Sementara negara bagian lain di Australia sebagian besar telah membuka kembali ekonomi mereka.

Lockdown Ketat Tetap Berlaku Khusus untuk Melbourne

Meski demikian, lockdown ketat di kota Melbourne Australia telah diperpanjang dua minggu, dengan para pejabat mengatakan kasus COVID-19 belum cukup turun. Andrews mengatakan pembatasan akan diberlakukan hingga 28 September, dengan sedikit relaksasi. Pelonggaran bertahap akan diterapkan mulai Oktober, BBC melaporkan.

Jam malam Melbourne akan diperpanjang dari 21:00 - 05:00. Orang lajang akan diizinkan untuk membentuk travel bubble dan saling mengunjungi, dan batas perjalanan saat ini tidak akan berlaku untuk pertemuan ini.

"Hanya ada satu pilihan dan itu adalah melakukan ini dalam serangkaian langkah yang mantap dan aman. Anda tidak dapat kehabisan lockdown. Karena yang Anda lakukan hanyalah berlari ke gelombang ketiga dan kita semua akan dikurung lagi," kata Andrews pada konferensi pers.

"Kami tidak bisa terbuka saat ini. Jika kami melakukannya, kami akan kehilangan kendali dengan sangat cepat ... Saya ingin Natal yang sedekat mungkin dan ini adalah satu-satunya cara, langkah-langkah ini adalah satu-satunya cara yang kita akan sampai pada titik itu. "

Jika jumlah rata-rata kasus harian antara 30 dan 50 pada 28 September, kota di Australia itu akan memasuki tahap tiga pembatasan. Di bawah tahap ini, pertemuan publik akan meningkat menjadi lima orang dari dua rumah tangga. Jika jumlah rata-rata harian kasus turun di bawah lima pada 26 Oktober, maka kebijakan jam malam akan diakhiri.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hilang Mata Pencarian

Banyak bisnis yang ditutup dari Maret hingga Mei sebelum dibuka kembali sebentar, kemudian menghadapi pembatasan yang lebih ketat mulai 2 Agustus, yang mengakibatkan ribuan pekerja hilang mata pencarian.

Pembatasan tahap 4 memberlakukan jam malam, menutup sebagian besar perekonomian, dan membatasi pergerakan orang ke zona 5 km di sekitar rumah mereka selama satu jam sehari.

"Tidak ada yang menginginkan gelombang ketiga di sini. Tapi saya pikir kita harus menemukan rencana ke depan yang praktis, dapat dicapai, dan berkelanjutan yang juga memungkinkan segala sesuatunya untuk kembali," Jennifer Westacott, kepala eksekutif Dewan Bisnis Australia, mengatakan di Australian Broadcasting Corp TV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.