Sukses

Kebakaran di Hutan Dekat Situs Arkeologi Yunani, Pengunjung Segera Dievakuasi

Kebakaran besar terjadi di hutan dekat situs arkeologi Yunani.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran hutan telah terjadi di dekat reruntuhan situs Zaman Perunggu Mycenae di Yunani dan mendorong evakuasi pengunjung ke situs arkeologi tersebut.  

Kebakaran terjadi pada hari Minggu di dekat makam Agamemnon, raja Mycenae, salah satu pusat peradaban utama di Mediterania pada milenium kedua SM. Menurut legenda, Agamemnon memimpin pasukan Yunani dalam perang Troya. Demikian seperti mengutip dari laman Al Jazeera, Senin (31/8/2020). 

Api pun melalap reruntuhan, tetapi pemadam kebakaran bersikeras tidak ada bahaya bagi museum di situs di wilayah Peloponnese Yunani.

Api menembus "satu bagian dari situs arkeologi dan membakar rumput kering tanpa mengancam museum", kata komandan pemadam kebakaran wilayah Peloponnese selatan, Thanassis Koliviras mengatakan kepada Kantor Berita Athena.     

Upaya pemadam kebakaran juga didukung oleh empat pesawat dan dua helikopter.

Setiap tahunnya, Yunani bergulat dengan kebakaran hutan selama musim panas yang kering, dengan angin kencang dan suhu yang sering melebihi 30 derajat Celcius.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Kerap Terjadi

Pada tahun 2007, kebakaran juga mengancam kuil dan stadion Olympia kuno, tempat kelahiran Olimpiade modern. 

Petugas pemadam kebakaran pada saat itu berhasil menyelamatkan situs di Peloponnese dan tidak terjadi kerusakan serius.

Pada 2018, kebakaran dahsyat di dekat ibu kota, Athena, menyebabkan kematian 102 orang, jumlah korban tertinggi yang tercatat dari kebakaran dalam sejarah modern Yunani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini