Sukses

Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19, Hong Kong Siapkan Tes Massal Gratis

Hong Kong akan menawarkan tes COVID-19 gratis kepada penduduknya, ketika negara itu tengah bergulat dengan gelombang ketiga pandemi.

Liputan6.com, Hong Kong - Hong Kong akan menawarkan tes COVID-19 gratis kepada penduduknya mulai 1 September 2020, ketika negara itu tengah bergulat dengan gelombang ketiga pandemi dan yang terburuk sejak wabah dimulai.

Program pengujian, yang akan berlangsung hingga dua minggu, akan memungkinkan setiap penduduk Hong Kong untuk diuji secara sukarela, lanjut Pemimpin Hong Kong Carrie Lam pada Jumat 21 Agustus 2020.

"Untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain, dan untuk menjaga kesehatan masyarakat, silakan ambil bagian dalam skema tersebut," kata Lam, diwartakan oleh the Associated Press, dikutip dari ABC News (22/8/2020).

"Apa yang kami lakukan hari ini adalah agar kami dapat segera keluar dari epidemi, sehingga kami dapat melanjutkan kegiatan ekonomi kami.”

Pengujian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi orang yang terinfeksi COVID-19 tetapi tidak menunjukkan gejala, kata para pejabat. Kota yang berpenduduk 7,5 juta orang itu sejauh ini telah melakukan lebih dari 1,2 juta tes virus corona.

Lonjakan baru infeksi yang dimulai pada Juli telah melipatgandakan jumlah kasus di kota menjadi 4.632 kasus.

Bisnis seperti salon kecantikan dan bar ditutup sementara dan ada larangan layanan makan malam setelah jam 6 sore sebagai bagian dari tindakan menjaga jarak. Ekonomi kota berkontraksi 9% pada kuartal kedua tahun ini, menandai setahun penuh resesi karena protes anti-pemerintah tahun lalu dan pandemi.

Lam mengatakan pengujian itu dimungkinkan karena dukungan dari Beijing, yang menyediakan sumber daya seperti staf laboratorium untuk meningkatkan kapasitas pengujian di kota semi-otonom China.

Pemerintah kota telah menghadapi penolakan dari warga dan kritikus skeptis yang khawatir tentang masalah privasi, mengingat program tersebut didukung oleh Partai Komunis China. Beberapa khawatir tes tersebut akan digunakan untuk menghasilkan catatan DNA warga.

Kritik terhadap pemerintah daratan telah tumbuh sejak diberlakukannya undang-undang keamanan nasional baru di Hong Kong yang dipandang sebagai serangan terhadap kerangka "satu negara, dua sistem" di mana kota tersebut telah diperintah sejak kembali ke China pada tahun 1997.

Lam mengesampingkan kekhawatiran tersebut, mengatakan bahwa apa pun yang dilakukan pemerintah, akan selalu ada orang yang mengemukakan teori konspirasi.

Dr Gagandeep Kang, seorang ahli penyakit menular di Christian Medical College di Vellore di India selatan, mengatakan pengujian universal dapat membantu menghapus COVID-19 asalkan mereka yang dites positif segera diisolasi dan pengujian ulang yang sering dilakukan untuk meningkatkan kepastian.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update 22 Agustus: Total 22,8 Juta Kasus COVID-19 di Dunia

Total kasus Virus Corona (COVID-19) di dunia telah mencapai 22,8 juta. Tiga negara dengan kasus tertinggi adalah Amerika Serikat, Brasil, dan India.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, Sabtu (22/8/2020), total kasus di Amerika Serikat mencapai 5,6 juta kasus dengan pasien sembuh sebanyak 2,8 juta orang dan 175 ribu meninggal dunia. Jumlah pasien meninggal di AS juga tertinggi di dunia.

Di Asia, kasus di India mencapai yang tertinggi dengan 2,9 juta dengan 54 ribu pasien meninggal. Sementara, Rusia mencatat kasus tertinggi di Eropa dengan 944 ribu kasus.

Pada daftar 10 negara dengan kasus COVID-19 tertinggi, mayoritas merupakan negara berkembang, yakni Brasil, India, Rusia, Afrika Selatan, Peru, Meksiko, Kolombia, dan Chile.

WHO menyarankan agar publik senantiasa mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah tertular COVID-19. Publik juga diminta hati-hati saat tangan menyentuh mata, hidung, atau mata mereka.

Jaga jarak juga penting agar bisa menghindar bersin atau batuk dari orang yang mengidap corona. Ketika memakai tisu usai bersin atau batuk, publik juga diminta langsung membuat tisunya dan langsung cuci tangan.

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.