Sukses

4 Isu Kesehatan yang Bisa Diketahui dari Bekas Tanda Kaus Kaki pada Kulit

Beberapa penelitian menyebut bahwa bekas kaus kaki bisa mencirikan tanda-tanda masalah kesehatan pada diri Anda. Berikut 4 di antaranya:

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin memperhatikan bahwa kadang-kadang kaus kaki meninggalkan bekas kemerahan di pergelangan kaki.

Jika itu terjadi hanya sekali atau dua kali, itu bisa menjadi tanda bahwa karet elastis kaus kaki mungkin mencengkeram terlalu kuat.

Tetapi jika tanda kaus kaki pada kulit Anda sering terjadi, itu bisa menjadi sinyal yang digunakan tubuh Anda untuk memberi tahu bahwa ada sesuatu yang salah.

Seperti dikutip dari Brightside.me (1/8/2020), bekas kaus kaki bisa mencirikan 4 tanda masalah kesehatan pada diri Anda.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda mengalami perasaan kaki bengkak, alasannya mungkin karena kelebihan cairan yang menumpuk di kaki bagian bawah Anda. Biasanya, itu tidak menyakitkan dengan sendirinya, tetapi mengenakan kaus kaki mungkin terasa tidak nyaman.

Tekanan darah tinggi disebabkan oleh retensi cairan dan membuat jantung sulit untuk mengangkut darah ke seluruh tubuh. Tubuh merespons dengan memegang cairan yang biasanya mengendap di kaki dan telapak kaki. 

3 dari 6 halaman

2. Varises

Ketika pembuluh darah di kaki Anda melemah, mereka tidak dapat mengembalikan darah ke jantung Anda dengan cukup cepat.

Darah kemudian kembali ke pembuluh darah kaki Anda dan menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan.

Kondisi ini adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap varises.

Jika Anda mendapatkan tanda kaus kaki secara teratur, tubuh Anda mungkin mencoba mengirimi Anda sinyal bahwa pembuluh darah Anda tidak membiarkan darah mengalir kembali ke jantung Anda.

4 dari 6 halaman

3. Dehidrasi

Jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup air, itu dapat merusak pembuluh darah Anda.

Vena yang rusak mungkin mulai membuat kebocoran kecil yang memungkinkan cairan menumpuk di jaringan sekitarnya.

Tempat-tempat umum untuk mengumpulkan cairan ini adalah di sekitar pergelangan kaki dan telapak kaki. Tanda-tanda kaus kaki yang muncul di sekitar pergelangan kaki Anda mungkin mengindikasikan bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi.

5 dari 6 halaman

4. Efek samping dari pengobatan

Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan pembengkakan kaki bagian bawah. Beberapa jenis obat antidepresan dan obat tekanan darah dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman pada kaki yang bengkak.

Jenis kontrasepsi tertentu (terutama pil KB yang mengandung estrogen) dapat mengubah kadar hormon dalam tubuh wanita dan menyebabkan retensi air dan pembengkakan kaki.

6 dari 6 halaman

Apa yang Harus Anda Lakukan

Jika tanda kaus kaki muncul di kaki Anda secara teratur, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter. Tetapi Anda dapat memperbaiki kondisinya dengan mengikuti beberapa rekomendasi sederhana yang dapat meringankan perasaan tidak nyaman pada kaki yang bengkak:

Kurangi garam dalam diet Anda.Pertahankan berat badan yang sehat.Kenakan stockings dan kaus kaki kompresi.Ubah posisi sesering mungkin dan hindari duduk dan berdiri untuk waktu yang lama.Kenakan sepatu yang nyaman dengan tumit rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.