Sukses

Warga Wuhan Mulai Terbiasa Hidup New Normal Setelah 6 Bulan Dilanda Corona COVID-19

Selama enam bulan terakhir ini, Wuhan dilanda wabah Virus Corona COVID-19 yang kemudian menjadi pandemi global.

Liputan6.com, Wuhan- Kehidupan sehari-hari warga Kota Wuhan kini mulai menjalani tatanan new normal dengan penggunaan masker di mana-mana. Selama enam bulan terakhir ini, Wuhan dilanda wabah Virus Corona COVID-19 yang kemudian menjadi pandemi global.

Kota dengan penduduk sebanyak 11 juta jiwa tersebut dilockdown selama dua bulan sejak akhir Januari sebagai tindakan keras dalam upaya memberantas Virus Corona. 

Pan Yuan, yang merupakan seorang warga Wuhan, menanggapi situasi di kotanya itu dengan mengatakan "Seiring berjalannya waktu, situasi epidemi perlahan membaik dan virus pada dasarnya sudah hilang untuk saat ini."

"Kami akan melepaskan masker ketika kami pergi ke beberapa tempat dengan risiko rendah. Meskipun kami diberitahu bahwa tidak perlu memakai masker di Wuhan, orang-orang masih memakai masker," ujar Pan Yuan.

Selain itu, ia juga mengungkapkan perasaanya tentang wabah yang beberapa waktu lalu melanda kotanya. "Aku masih merasa sedih ketika membicarakannya," ungkap Pan Yuan. 

Di Provinsi Hubei dan ibu kotanya, Wuhan, tercatat memiliki 83.531 kasus dan 4.634 kematian akibat Virus Corona, demikian seperti dikutip dari The Economics Times, Rabu (1/7/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkat Langkah-Langkah Pengujian

Berkat langkah-langkah seperti pengujian yang meluas dan penelusuran kontak, China dapat mengendalikan virus tersebut. Meskipun bulan ini, beberapa kasus baru kembali terjadi di Beijing.

Seorang warga lain di Wuhan, yaitu Li Chao, mengatakan "Ketika wabah terjadi setengah tahun lalu, orang-orang ketakutan. Saya merasa stres karena virus itu ancaman bagi keluarga saya." Namun ia melanjutkan, "Berkat upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan rakyat bersama, epidemi telah membaik."

"Hidup dan pekerjaan secara bertahap kembali normal," tambahnya.

Selain itu, aktivitas lalu lintas di jalanan Wuhan juga telah meningkat dan orang-orang kembali berbelanja di pasar dan bekerja di kantor dengan diberlakukannya langkah-langkah tambahan seperti penyaringan suhu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.