Sukses

10 Hewan Ini Bisa Bertahan Hidup Tanpa Makan Selama 2 Minggu hingga 30 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Setiap makhluk hidup tentu akan membutuhkan asupan makanan dan minuman guna memenuhi kebutuhan energi. 

Namun bagi sebagian makhluk hidup misalnya hewan, mereka bisa bertahan hidup tanpa harus makan atau minum dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ada yang mampu bertahan dalam waktu dua minggu hingga bahkan 30 tahun. 

Mengutip Bright Side, Senin (29/6/2020), berikut adalah 10 hewan yang mampu bertahan hidup dalam jangka waktu tertentu:

2 dari 12 halaman

1. Kucing - 2 Minggu

Bergantung pada jumlah air dan makanan yang awalnya mereka konsumsi serta kesehatan mereka secara keseluruhan, kucing dapat bertahan selama 2 minggu tanpa makanan.

3 dari 12 halaman

2. Unta - 2 Bulan

Unta menggunakan punuknya untuk menyimpan jaringan lemak yang biasanya digunakan sebagai sumber makanan ketika makanan dan air langka.

4 dari 12 halaman

3. Hiu Putih Besar - 3 Bulan

Hiu putih besar bisa makan 11 ton makanan dalam setahun.

Biasanya ketika hiu putih besar makan sekali, itu bisa bertahan selama 3 bulan tanpa makan lagi.

5 dari 12 halaman

4. Beruang - 3 Bulan

Beruang sering disebut sebagai hibernator hebat karena mereka dapat bertahan lebih dari 3 bulan tanpa makan, minum, berolahraga, buang air besar, atau bahkan buang air kecil.

6 dari 12 halaman

5. Penguin - 3 Bulan

Penguin kaisar jantan dipaksa untuk bertahan pada musim dingin di Antartika yang ekstrim selama lebih dari 3 bulan sambil melindungi telur mereka - dan mereka tidak makan apa pun selama waktu ini.

7 dari 12 halaman

6. Paus Bungkuk - 6 Bulan

Paus bungkuk menggunakan lemaknya untuk menyimpan lemak ekstra setiap kali mereka makan selama musim panas yang pada gilirannya, memungkinkan mereka untuk pergi tanpa makanan selama 6 bulan.

8 dari 12 halaman

7. Kalajengking - 1 Tahun

Kalajengking makan sepertiga dari berat badan mereka hanya dalam satu kali makan. Ini membantu mereka untuk memperlambat metabolisme dan menangani nutrisi mereka, sehingga memungkinkan untuk bertahan selama setahun tanpa makanan.

9 dari 12 halaman

8. Buaya - 3 Tahun

Buaya menghemat energi mereka dengan tidak bergerak, sehingga membantu mereka bertahan selama 3 tahun tanpa makanan.

10 dari 12 halaman

9. Olm - 10 Tahun

Saat makanan langka, olm mengurangi tingkat metabolisme dan aktivitasnya. Mereka juga dapat menyerap kembali jaringan mereka sendiri, membantu mereka bertahan selama 10 tahun tanpa makanan. 

11 dari 12 halaman

10. Tardigrade - 30 Tahun

Tardigrade masuk ke cryptobiosis, juga dikenal sebagai metabolisme yang diturunkan. Metabolisme mereka menurun hingga 0,01% dari laju normal dan kadar airnya juga bisa turun menjadi 1%. Ini membuat mereka bisa hidup tanpa makanan selama lebih dari 30 tahun.

12 dari 12 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: