Sukses

Calon Vaksin Virus Corona COVID-19 di China Makin Banyak

Liputan6.com, Beijing - China memiliki tambahan kandidat vaksin Virus Corona COVID-19 yang memasuki tahap uji klinis lanjutan. Vaksin ini berasal dari Institut Biologi Medis yang berada di bawah Akademi Ilmu Medis China. 

Dilansir Xinhua, Senin (22/6/2020), fase 2 uji klinis ini akan mengevaluasi imunogenisitas dan keamanan vaksin ini di tubuh manusia. Penelitian ini dilakukan di provinsi Yunan, China. 

Sejauh ini, ada 5 kandidat vaksin Virus Corona di China yang masuk fase uji klinis. Sebelumnya, vaksin yang dikembangkan Institut Produk Biologis Wuhan juga menyelesaikan fase 2 dengan baik. 

Vaksin virus corona dari institut di Wuhan itu dikembangkan di bawah  China National Biotec Group (CNBG). Totalnya ada 1.120 sukarelawan berusia 18 sampai 59 tahun yang ikut uji klinis ini. 

Hasilnya tidak ada efek buruk kepada para sukarelawan. Mereka diberikan sebanyak dua kali dan hasilnya sukarelawan memiliki antibodi. Vaksin dari CNBG itu kini memasuki uji klinis fase 3. 

CNBC juga mencari mitra internasional dan berhasil menjalin kerja sama dengan perusahaan dan laboratorium luar negeri. 

WHO memprediksi bahwa di akhir tahun ini akan ada 100 juta vaksin Virus Corona. Beberapa kelompok yang menjadi prioritas adalah petugas kesehatan, polisi, dan pengidap diabetes. 

Tahun depan, WHO mengharapkan sudah ada miliaran vaksin. 

2 dari 3 halaman

Update COVID-19 di Indonesia

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan, angka kasus pasien positif Corona meninggal di Indonesia masih bertambah.

Pada hari ini, Senin (22/6/2020), kata Yurianto, terdapat penambahan 35 orang yang meninggal dunia akibat terinfeksi virus Corona Covid-19. 

"Jumlah akumulatif pasien meninggal sebanyak 2.500 orang," ujar Yurianto melalui konferensi pers daring di Graha BNPB Jakarta.

Lalu, untuk penambahan pasien positif covid-19 pada hari ini 954 orang. Sehingga, total akumulatifnya sampai saat ini 46.845 kasus terkonfirmasi terinfeksi virus Corona Covid-19.

Kemudian untuk jumlah pasien sembuh yang berhasil sembuh bertambah 331 orang. Total akumulatif ada 18.735 orang yang dinyatakan sembuh dan negatif Corona Covid-19.

Data update pasien virus Corona Covid-19 ini tercatat sejak Minggu, 21 Juni 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: