Sukses

Heboh UFO di Langit Jepang, 5 Penampakan dari Abad 21 Ini juga Pernah Bikin Geger

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, sebuah unidentified flying object (UFO) terlihat di langit Aoba, Sendai, Jepang. Bentuknya menyerupai sebuah balon.

UFO itu pertama kalinya terlihat pada 17 Juni 2020. Menurut pemerintah setempat, balon tersebut terlihat seperti pemantau cuaca. Namun, mereka telah mengatakan bahwa pemantau cuaca miliknya tidak berbentuk seperti itu. 

"Objek itu tampak seperti balon untuk memantau cuaca, tapi itu bukan milik kita," kata seorang pejabat di biro Sendai Badan Meteorologi Jepang kepada AFP, Kamis, 18 Juni 2020.

Objek tersebut juga telah membuat kehebohan dalam warganet. Departemen aeronautika Universitas Kyushu juga telah menampik berita bahwa benda asing itu bukan milik mereka. Profesor Shinichiro Higashino dair Universitas Kyushu mengatakan bahwa objek tersebut terlihat memiliki lapisan panel surya. 

Sekretaris Kabinet Utama, Yoshihide Suga, mengatakan bahwa pemerintah telah sadar akan benda asing yang diduga UFO itu, tapi menolak adanya benda tersebut adalah benda dari negara lain. 

Penampakan UFO atau benda asing ini telah menggemparkan dunia. Kendati demikian, hal tersebut tak hanya terjadi di Jepang. Berikut lima penampakan lain yang terlihat di Bumi pada abad 21 dan pernah bikin geger, dikutip dari History.com, Jumat (19/6/2020): 

2 dari 6 halaman

1. Cahaya di Atas New Jersey Turnpike

Pada tahun 2017 tercatat Program Identifikasi Ancaman Penerbangan Tingkat Lanjut (AATIP), investigasi yang didanai pemerintah AS terhadap objek terbang tak dikenal dari 2007 hingga 2012.

Namun, program rahasia senilai US$ 22 juta ini bukan yang pertama dari jenisnya. Studi resmi UFO pemerintah AS dimulai pada akhir 1940-an dengan Project Sign, menyediakan beberapa video fenomena udara paling kredibel hingga saat ini.

Temuan pada 2017 menunjukkan pemerintah AS secara aktif meneliti UFO dan membangkitkan kembali minat dunia terhadap UFO dan alien.

Salah satu penampakan UFO yang paling dipercaya di abad ke-21 berada di New Jersey.

Penampakan UFO pada tahun 2001 di langit New Jersey Turnpike terjadi selama 15 menit. Benda yang diduga UFO itu memiliki cahaya oranye kemerahan dan kuning lalu terbang di daerah Arthur Kill Waterway. 

Letnan Departemen Kepolisian Carteret, Daniel Tarrant, adalah salah satu saksi, serta penduduk daerah metro lainnya dari jembatan Throgs Neck Bridge di Long Island dan Fort Lee, New Jersey, di dekat Jembatan George Washington.

Pengendali lalu lintas udara pada awalnya menyangkal bahwa pesawat terbang, jet militer, atau penerbangan luar angkasa bisa menyebabkan cahaya misterius, tetapi sebuah kelompok yang dikenal sebagai Penyelidik Fenomena Aneh New York (NY-SPI) mengklaim menerima data radar FAA yang menguatkan penampakan UFO pada malam itu.

 

3 dari 6 halaman

2. Benda Asing Bertemu USS Nimitz

Pada tahun 2004, USS Princeton yang termasuk bagian USS Nimitz menangkap sinyal pesawat terbang dari jarak 100 mil. Selama dua minggu, para kru telah melacak benda-benda yang muncul pada ketinggian 80.000 kaki dan kemudian anjlok melayang tepat di atas Samudra Pasifik. 

Ketika dua jet tempur FA-18F dari kapal induk USS Nimitz tiba di daerah itu, mereka melihat bayangan oval di bawah permukaan laut, kemudian benda putih berbentuk seperti permen Tic Tac di atas air.

Benda itu tidak memiliki tanda yang terlihat untuk menunjukkan mesin, sayap atau jendela, dan monitor inframerah tidak menunjukkan adanya pembuangan.

Komandan Black Aces David Fravor dan Letnan Komandan Jim Slaight dari Strike Fighter Squadron 41 berusaha mencegat pesawat itu, tetapi pesawat itu melesat, muncul kembali di radar 60 mil jauhnya. Terpantau bergerak tiga kali kecepatan suara dan lebih dari dua kali kecepatan jet tempur.

4 dari 6 halaman

3. O’Hare International Airport Saucer (2006)

Ketika penerbangan 446 bersiap terbang ke North Carolina dari Chicago, seorang pekerja dari United Airlines melihat benda unik dengan warna abu-abu melewati pintu C17 di Bandara Internasional O'Hare. Penampakan benda berbentuk mirip piring terbang pada 7 November 2006 itu sekitar pukul 16.15 waktu setempat disaksikan 12 orang dari United Airlines. Sejumlah orang yang ada di darat juga melihatnya.

Para saksi mata mengatakan benda itu melayang sekitar lima menit sebelum melesat ke atas, membelah awan—cukup jelas sehingga pilot dan mekanik dapat melihat langit biru.

Laporan penampakan benda misterius itu menjadi berita yang paling banyak dibaca di situs web The Chicago Tribune dan disorot dunia internasional. Namun, karena UFO tidak terlihat di radar, FAA menyebutnya sebagai "fenomena cuaca" dan menolak untuk menyelidiki.

5 dari 6 halaman

4. Penampakan UFO di Stephenville

Kota kecil Stephenville, Texas, 100 mil barat daya Dallas, sebagian besar dikenal dengan peternakan sapi perahnya, tetapi pada malam hari tanggal 8 Januari 2008, puluhan penduduknya melihat sesuatu yang unik di langit.

Penduduk setempat melaporkan adanya cahaya putih di Highway 67. Pertamanya, terlihat seperti busur horizontal dan kemudian di garis paralel vertikal.

Steve Allen, seorang pilot memperkirakan bahwa cahaya dari objek tak dikenal itu membentang satu mil dan memiliki lebar setengah mil. Objek asing itu juga bergerak dengan sangat cepat, yaitu 3.000 mil per jam, namun tidak mengeluarkan suara. 

Penampakan tersebut mengingatkan penduduk terhadap penampakan Phoenix Lights 1997, ketika Angkatan Udara AS mengungkap beberapa minggu kemudian bahwa F-16 terbang di Daerah Operasi Militer Brownwood (hanya barat daya Stephenville), banyak warga kota tidak sepakat dengan penjelasan itu, mereka percaya bahwa apa yang mereka lihat terlalu maju secara teknologi untuk kemampuan manusia saat ini.

6 dari 6 halaman

5. Benda Asing Terbang Cepat 2015

Penampakan ini baru diketahui pada 2017 lalu. Saat sebuah video tersebar dari Advanced Aviation Threat Identification Program, berisi momen pertemuan dengan F/A-18 Super Hornet dengan objek asing.

Adegan tersebut terlihat di sepanjang Pantai Timur di Raytheon Advanced Targeting Forward-Looking Infrared (ATFLIR). Benda asing itu mirip dengan pesawat yang terlihat di San Diego pada tahun 2004 lalu, berbentuk oval dengan warna putih yang bergerak cepat, besarnya sekitar 45 kaki (sekitar 13 meter), tanpa sayap atau saluran pembuangan.

Para pilot kemudian melacak keberadaan objek yang berada di ketinggian 25.000 kaki di atas Samudra Atlantik, yang terbang jauh dan secara bersamaan berputar pada sumbunya. Sejauh ini belum ada penjelasan terkait hal tersebut.

 

Reporter: Yohana Belinda