Sukses

Selamat Ulang Tahun Donald Duck, Ini Fakta Menarik di Balik Karakter Si Bebek Disney

Liputan6.com, Jakarta - Donald Duck merupakan salah satu karakter Disney yang dikenang oleh anak-anak dari berbagai kalangan. Bahkan dikenal oleh beragam generasi.

Karakter ini juga dikenal dengan suaranya yang unik serta khas dan respons pemarahnya. 

9 Juni ini ternyata adalah hari ulang tahun karakter Disney, Donald Duck, seperti dikutip dari southfloridareporter, Selasa (9/6/2020).

Donald Duck pertama kali muncul di "The Wise Little Hen" pada tahun 1934.  

Namun, karakter ini pertama kali di sebut dalam buku "The Adventures of Mickey Mouse", pada tahun 1931. Dirinya diperkenalkan sebagai salah satu teman Mickey. Namun, karakter yang ditampilkan di sampul jauh berbeda dari Donald Duck modern, yang terlihat seperti bebek pada umumnya dengan memakai topi dan celana hijau.

Perayaan Hari Donald Duck Nasional ini paling terkenal di Negeri Paman Sam, dan dinanti kalangan penggemar Disney.

Fakta Menarik di Balik Karakter Donald Duck

  • Pencipta dari karakter bebek Disney ini adalah Al Taliaferro, Carl Barks dan Don Rosa. Terinspirasi dari American Pekin Duck. 
  • Donald Duck disebut sebagai salah satu karakter terbaik pada tahun 2002 oleh TV Guide. 
  • Karakter Donald Duck ini paling khas dengan setelan pelaut dengan topi dan dasi kupu-kupu hitam atau merah. Paling dikenal karena kepiawaiannya berpidato dengan kepribadiannya yang nakal dan mudah tersinggung.
  • Nama tengah dari Donald Duck ini adalah Fauntleroy, yang dapat diartikan sebagai anak raja. Donald sendiri memiliki saudara kembar, Della Thelma Duck.
  • Menariknya, kekasih Donald juga menarik perhatian dari para fan. Ternyata, bukan Daisy kekasih Donald yang pertama, melainkan Donna Duck.
  • Karakter Donald Duck diketahui enam tahun lebih muda daripada Mickey Mouse yang merupakan ikon dari Disney.
2 dari 3 halaman

Donald Duck Telah Mendapatkan Walk of Fame Miliknya

Selain itu, fakta menarik di balik karakter Donald Duck adalah kepopulerannya. Berikut ini ulasannya:

  • Pada 9 Agustus 2004, Donald Duck medapatkan Walk of Fame miliknya, di Hollywood. Tak hanya itu ia juga merupakan maskot salah satu universitas di Amerika Serikat.
  • Donald Duck menjadi maskot tim rugby Oregon Ducks dari University of Orgegon. 
  • Berkat kepopulerannya ini, Donald Duck juga telah muncul di berbagai film melampaui karakter lainnya. Menurut data IMDb, Donald Duck telah muncul di 225 film, seperti yang dikutip dari situ thedaysoftheyear, Selasa (9/6/2020).
  • Donald Duck sepertinya memang menjadi salah satu karakter yang paling dicintai oleh penggemar. 
  • Kalian dapat merayakan hari ini dengan membaca cerita Donald Duck yang kalian suka ketika muda atau masih kecil, terutama bagi penggemar karakter-karakter Disney di dunia.

Reporter: Yohana Belinda

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Ini: