Sukses

Mike Pompeo: Selamat Idul Fitri kepada Umat Muslim di Seluruh Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menyampaikan selamat Idul Fitri kepada seluruh umat muslim di seluruh dunia. Pesan itu disampaikan kepada mereka yang selama satu bulan sebelumnya telah menjalankan ibadah puasa.

"Susan (istri) dan saya mengucapkan selamat Idul Fitri kepada umat Muslim di seluruh dunia," ujar Mike Pompe dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada Rabu, 27 Mei 2020.

"Selama sebulan terakhir, umat Muslim di Amerika Serikat dan negara lainnya menjalankan puasa, yang menitikberatkan pada refleksi spiritual, komunitas dan nilai-nilai rasa syukur, kasih sayang, kedermawanan, juga adaptasi cara beribadah dan menjalankan Ramadan di dunia yang berubah akibat pandemi global."

Bagi Mike Pompeo, Ramadan dan Idul Fitri mengingatkan kita akan pentingnya komunitas, memberikan pelayanan, serta perlindungan terhadap kebebasan yang mendasar seperti beragama atau berkeyakinan, terutama di saat krisis seperti ini.

"Di tengah pandemi global, komunitas-komunitas Muslim seperti Uighur, Rohingya, dan lainnya menghadapi tantangan berat untuk dapat mempraktikkan kepercayaan mereka bahkan mereka di hadapkan pada ancaman-ancaman yang lebih besar lagi, termasuk dijadikan kambing hitam, dianiaya, dan ditahan."

"Kami sangat berterima kasih kepada organisasi-organisasi bantuan swasta Islam, baik di Amerika maupun di seluruh dunia, dengan pekerjaan heroiknya, mereka telah menyelamatkan nyawa."

Pompeo juga mengajak banyak orang bersama komunitas Muslim untuk berdiri dalam solidaritas dengan mereka yang tertindas, apa pun kepercayaan atau tafsir mereka, serta menyerukan kepada semua pemerintah untuk melindungi kebebasan beragama bagi semua.

"Kepada seluruh umat Muslim di dunia, kami ucapkan selamat Idul Fitri," kata Mike Pompeo.

2 dari 3 halaman

Ucapan Donald Trump

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump dan ibu negara, pada Sabtu, 23 Mei 2020 telah menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri kepada Muslim di AS dan seluruh dunia, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia.

Lewat pernyataan tertulis, Donald Trump mengatakan, "Dalam beberapa pekan dan bulan belakangan, kita memerangi Virus Corona COVID-19 dan kita bergantung pada keyakinan, keluarga, dan teman untuk memandu kita melalui masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini."

"Sementara Muslim merayakan Idul Fitri, kami harap mereka menemukan ketenangan dan kekuatan serta kekuatan doa dan ketaatan," tambah Donald Trump.

Tahun ini, warga Muslim di AS merayakan Idul Fitri di tengah pandemi Corona COVID-19 dan berbagai aturan karantina wilayah dan pembatasan sosial.

Banyak di antara mereka akan melaksanakan salat Id di rumah, dan menyimak khotbah secara virtual.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: