Sukses

Cara Menyelamatkan Diri Jika Diserang Buaya, Ini 6 Langkah Jitunya

Liputan6.com, Jakarta - Dalam situasi sulit, tentu kita tidak bisa memikirkan cara taktis. Apalagi menyelamatkan diri dari serangan hewan buasa seperti buaya. Hewan ini mampu berlari, berenang dan punya gigi kokoh sehingga bisa mengunyah mangsa dengan mudah.

Anda patut berhati-hati dengan hewan ini. Jangan sampai dia marah atau menyerang Anda.

Sebab, buaya yang marah akan menyerang dan mengancam nyawa Anda. Oleh karenanya lakukan sejumlah cara ini di sebuah situasi yang dimana Anda berada dalam bahagia untuk bertahan hidup.

Seperti dikutip dari laman Mirror.co.uk, Senin (18/5/2020) berikut 6 langkah penyelamatan hidup jika di serang atau tengah dekat dengan buaya:

2 dari 8 halaman

1. Jauhi Lokasi Air

Tanyakan kepada penduduk setempat di mana buaya atau buaya tinggal di danau dan sungai, dan jangan berenang di luar daerah yang ditentukan.

Jangan pergi di air keruh, atau berenang di senja atau di malam hari, itu adalah waktu tepat bagi buaya untuk berburu dan lebih sulit untuk dilihat.

 

3 dari 8 halaman

2. Sadar dengan Lingkungan

Jika Anda akan berada di dalam atau di sekitar air tempat mereka tinggal, Anda harus tetap waspada.

Buaya dapat menyembunyikan diri dengan sangat baik di dalam air, seringkali hanya menjaga mata dan lubang hidungnya di atas air atau sepenuhnya tenggelam.

Jangan menjuntai lengan atau kaki dari perahu ke air, jangan berjalan terlalu dekat dengan sungai atau danau, dan hindari tumbuh-tumbuhan lebat yang memberi hewan-hewan ini perlindungan.

 

4 dari 8 halaman

3. Jaga Jarak

Setelah Anda melihat mereka, beri tempat yang luas bagi buaya.

Lima belas kaki atau 4,5 meter biasanya cukup di darat, tetapi selama musim kawin, atau ketika mereka memiliki anak usai bertelur lebih baik sangat menjauh.

 

5 dari 8 halaman

4. Jangan Kejutkan Mereka

Jika Anda akan mendekati buaya, buat suara dengan yang begitu pelan atau bersiul.

Sebab, cara ini akan membuat mereka nyaman dengan kehadiran Anda dan tidak begitu terancam. Sebab, buaya yang kanget akan langsung menyerang Anda.

 

6 dari 8 halaman

5. Langsung Pergi Jika Akan Diserang

Kadang-kadang, hewan itu akan memberikan gigitan pertahanan dan kemudian segera melepaskannya. Jika ini terjadi, cobalah untuk menjauh dari binatang itu secepat mungkin.

Namun, kadang-kadang hewan itu tidak melepaskannya dan akan sering mencoba menyeret seseorang ke dalam air atau bawah air.

Buaya bisa bertahan di bawah air lebih lama daripada manusia, jadi satu-satunya harapan untuk bertahan hidup jika Anda diserang dengan cara ini adalah melawan dan melarikan diri.

 

7 dari 8 halaman

6. Serang Bagian Mata Buaya

Bagian yang paling rentan dari tubuh buaya adalah matanya. Cobalah untuk memukul atau menusuk mata dengan apa pun yang Anda miliki: dayung, tongkat, atau pisau bahkan tangan Anda.

Meskipun tidak sepeka mata, lubang hidung dan telinga juga bisa diserang secara efektif. Pukulan keras atau luka pada salah satu area ini dapat menyebabkan hewan melepaskan Anda.

Buaya memiliki lipatan jaringan di belakang lidah yang menutupi tenggorokan mereka ketika mereka tenggelam dalam air.

Tutup ini mencegah air mengalir ke tenggorokan mereka dan menghentikan buaya dari tenggelam ketika mulutnya terbuka.

Jika lengan atau kaki Anda tersangkut di mulut buaya, Anda mungkin bisa mencungkil katup ini.

Air kemudian akan mengalir ke tenggorokan buaya, dan kemungkinan besar hewan akan membiarkan Anda pergi.

8 dari 8 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: