Sukses

Lockdown Corona Yunani Dilonggarkan, Warga Ramai Potong Rambut Hingga Beli Bunga

Warga Yunani segera memenuhi salon dan membeli bunga usai status lockdown akibat Virus Corona COVID-19 dilonggarkan.

Liputan6.com, Athena - Salon rambut, toko bunga dan toko buku Yunani telah kembali dibuka pada Senin 4 Mei 2020 kemarin, sebagai bagian dari pelonggaran pembatasan penguncian bertahap yang diberlakukan enam minggu lalu untuk mengekang penyebaran Virus Corona COVID-19. 

Sejak pagi, polisi melakukan inspeksi di bus dan stasiun metro untuk memastikan penumpang mengenakan masker bedah wajib. Sementara di toko-toko dipantau apakah aturan social distancing dipatuhi.

Mengutip Channel News Asia, Selasa (5/4/2020), masyarakat Yunani kini tidak lagi membutuhkan formulir yang menyatakan alasan sah keluar rumah untuk berbelanja makanan atau obat-obatan, atau berolahraga fisik untuk izin meninggalkan rumah mereka.

Volume lalu lintas pun kemudian meningkat di jalan-jalan Athena dan kota-kota besar lainnya, dan antrean juga terbentuk di luar toko-toko peralatan listrik, yang juga diizinkan untuk dibuka untuk pertama kalinya sejak Yunani memberlakukan penutupan ketat pada pertengahan Maret.

Yunani, negara berpenduduk 11 juta orang, sejauh ini telah melaporkan 2.626 kasus COVID-19 dan 144 kematian. Angka tersebut jauh lebih sedikit daripada di banyak negara Eropa lainnya.

Tetapi Yunani, yang baru muncul pada 2018 dari krisis utang yang memusnahkan seperempat dari output ekonominya, sangat ingin membiarkan bisnis dibuka kembali dan khawatir pandemi Virus Corona baru akan merusak pendapatan pariwisata tahun ini yang tengah menjadi pilar ekonomi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisnis Lain Akan Segera Dibuka

Saluran televisi lokal menunjukkan para penata rambut dan klien mereka mengenakan masker bedah di Athena dan Kota Thessaloniki. Untuk saat ini, salon rambut hanya beroperasi berdasarkan janji temu yang disepakati dengan kliennya. 

Toko-toko ritel kecil termasuk toko bunga dan penjual buku, toko kacamata dan layanan spa adalah di antara bisnis lain yang diizinkan untuk dibuka kembali pada hari Senin.

Jam kerja toko-toko yang diizinkan untuk dibuka kembali kemungkinan akan diperpanjang karena tingginya permintaan.

Sedangkan untuk sekolah, restoran, dan bar diharapkan akan dibuka kembali akhir bulan ini. Dan untuk hotel, diperkirakan akan kembali beroperasi pada 1 Juni. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.