Sukses

Top 3: 2 Asteroid Dekati Bumi Hari ini Hingga Pocong Indonesia Jadi Sorotan

Kabar asteroid melintasi Bumi hingga ulah pocong Indonesia sebagai jurus agar warga berada di rumah saat pandemi Virus Corona COVID-19 menjadi sorotan di Top 3 kanal Global Liputan6.com hari ini.

Liputan6.com, Jakarta- Pemberitaan dua asteroid yang akan mendekati Bumi pada Rabu 15 April 2020 mencuri perhatian khalayak. Isu itu menjadi salah satu berita terpopuler kanal Global Liputan6.com hari ini.

Menurut Center for Near-Earth Objects NASA, dua asteroid 2020 GH2 dan 2020 FX3 termasuk dalam kategori paling berbahaya dari asteroid Apollo, yang berarti orbitnya bersinggungan dengan planet kita.

Berita populer lainnya menyorot tentang seberapa besar kemungkinan negara di Asia bisa menjadi episentrum gelombang kedua kasus Corona COVID-19. Selama vaksin untuk Corona COVID-19 belum ditemukan, penularannya dikhawatirkan kian meluas, menurut berita itu.

Berita yang jadi sorotan lainnya adalah media asing dunia yang menyoroti hantu Indonesia yaitu pocong, saat pandemi Corona COVID-19. Beberapa di antaranya adalah BBC, CNN, dan Reuters.

Berikut ini artikel terpopuler dalam Top 3 Global Liputan6.com edisi Rabu, (15/4/2020):

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 2 Asteroid Dekati Bumi 15 April, Salah Satunya Sebesar Patung Liberty

Kedua benda angkasa, yang dikategorikan berpotensi berbahaya itu akan terbang melewati Bumi pada 15 April, demikian dikutip dari laman SputnikInternational, Selasa 14 April 2020.

Yang pertama adalah asteroid bernama 2020 GH2 berukuran lebar 98 kaki (29 meter). Menurut NASA, asteroid ini tidak akan menimbulkan bahaya bagi Bumi karena ukurannya yang kecil.

Bahkan jika asteroid jatuh di planet manusia, ia tidak akan bisa mencapai permukaan karena akan terbakar di atmosfer Bumi, menyebabkan ledakan di udara.

Namun, bebeda dengan asteroid kedua bernama FX3 2020 yang terlalu besar untuk terbakar di atmosfer. Diperkirakan diameternya 295 kaki (89 meter), kira-kira seukuran Patung Liberty, dan bergerak dengan kecepatan sangat tinggi 23.000 mil per jam (37.000 kmpj).

Jika jatuh di planet manusia, itu akan menyebabkan kerusakan parah di perkotaan atau pedesaan.

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

2. Negara di Asia Bisa Jadi Episentrum Gelombang Kedua Corona COVID-19?

Selama vaksin Virus Corona COVID-19 belum ditemukan, dikhawatirkan penularannya kian meluas. Episentrum atau pusat penyebaran kemungkinan besar akan berpindah dan semakin banyak, termasuk di Indonesia.

Pernyataan ini dikeluarkan oleh ahli kesehatan publik yang memperingatkan masyarakat jika terlalu cepat kembali ke kehidupan normal, dunia justru akan lebih cepat mengalami gelombang kedua Virus Corona COVID-19.

Direktur Jenderal Institut Vaksin Internasional di Korea, Jerome Kim mengatakan di tengah pelonggaran pembatasan aturan menjaga jarak, yang telah dilakukan beberapa negara dalam menangani Virus Corona COVID-19, penularannya masih jauh dari garis akhir dan tidak dapat diprediksi.

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Selain Korsel, Media Asing Dunia Soroti Pocong Indonesia Saat Pandemi Corona COVID-19

Aksi warga Purworejo yang menyamar menjadi pocong sebagai bentuk imbauan terhadap masyarakat banyak untuk tetap berada di rumah di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 menjadi sorotan media asing dunia.

Setelah sebelumnya sempat heboh lantaran diliput oleh media berita asal Korea Selatan, kini media asing lainnya turut menyorotinya. 

Misalnya saja media ternama seperti BBC yang meliput berita ini dalam artikelnya yang berjudul "Indonesian village uses 'ghosts' for distancing patrols", CNN dengan judul "Ghosts' try to spook people off streets during coronavirus in Indonesia", atau Reuters dengan judul "Ghosts' scare Indonesians indoors and away from coronavirus."

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.