Sukses

Negara Ini Diprediksi Jadi yang Terakhir Terpapar Virus Corona COVID-19

Virus Corona telah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 12 Januari, kurang dari tiga bulan lalu, penyebaran Virus Corona COVID-19 hanya terbatas di China. Tidak ada satu pun kasus yang ditemukan di luar negara tempat kasus itu pertama muncul.

Kemudian, pada 13 Januari, virus menjadi masalah global. Sebuah kasus telah dicatat di Thailand sebelum Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat pun kemudian segera menyusul.

Seperti dilansir dari laman BBC, Jumat (3/4/2020), sekarang ada lebih dari satu juta kasus Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia, di negara-negara dari Nepal hingga Nikaragua. Tetapi ketika angka kematian meningkat, dan rumah sakit menerima pasien yang jumlahnya tak terbendung, apakah ada tempat yang masih bebas Virus Corona jenis baru ini?

Ternyata masih ada, di 193 negara yang menjadi anggota PBB. 

Pada 2 April, 18 negara belum melaporkan kasus Covid-19, menurut penghitungan BBC menggunakan data dari Johns Hopkins University. Ada pun negara-negara tersebut adalah termasuk Komoro; Kiribati; Lesotho; Pulau Marshall; Mikronesia; Nauru; Korea Utara; Palau; Samoa; Sao Tome dan Principe; Pulau Solomon; Sudan Selatan; Tajikistan; Tonga; Turkmenistan; Tuvalu; Vanuatu, Yaman.

Para ahli setuju bahwa besar kemungkinan negara-negara tersebut memiliki kasus yang tidak dilaporkan. Korea Utara, misalnya, secara resmi berada di angka nol kasus, atau Yaman yang dilanda perang.

Tetapi ada negara-negara di mana virus belum ditemukan. Sebagian besar adalah pulau-pulau kecil dengan sedikit pengunjung --pada kenyataannya, tujuh dari 10 tempat paling sedikit dikunjungi di dunia, sesuai data PBB, bebas dari COVID-19.

Keterpencilan itu berarti satu hal: di zaman peraturan physical distancing ini, negara-negara kepulauan adalah isolator mandiri yang sesungguhnya.

Tetapi presiden dari satu tempat semacam itu tidak berpuas diri. Bahkan, dia mengatakan kepada BBC, COVID-19 sudah menjadi darurat nasional.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Negara Terkecil

Nauru, di Samudra Pasifik yang berjarak hampir 200 mil (320km) dari mana saja --Pulau Banaba, bagian dari Kiribati, adalah wilayah yang terdekat. Kota "utama" terdekat dengan penerbangan langsung adalah Brisbane, yang terletak sejauh 2.500 mil barat daya.

Ini adalah negara PBB terkecil kedua dalam hal luas wilayah (setelah Monako) dan, dengan lebih dari 10.000 orang, yang terkecil kedua dalam hal populasi (setelah Tuvalu).

Itu juga salah satu tempat yang paling jarang dikunjungi di Bumi. Meskipun tidak muncul dalam data PBB terbaru, satu operator tur mengatakan negara itu hanya memiliki 160 wisatawan per tahun.

Anda mungkin berpikir tempat yang jauh tidak perlu menjauhkan diri lebih jauh. Tetapi negara dengan satu rumah sakit, tidak ada ventilator, dan kekurangan perawat, tidak dapat mengambil risiko.

Meskipun hidup melalui krisis, orang-orang Nauru biasa hidup dengan tenang, kata sang presiden. Mengenai dirinya sendiri, dia berterima kasih kepada negara-negara lain atas bantuan mereka - terutama Australia dan Taiwan, yang memiliki hubungan penuh dengan Nauru dan agamanya.

"Ketika kami mulai melakukan kebijakan penangkapan dan penahanan ini, saya berdoa kepada Tuhan, dan dia memberi saya sebuah tulisan suci yang telah saya simpan dalam hati, yaitu Mazmur 147, ayat 13 dan 14. Hal itu menjadi pedoman saya dalam berjalan - seperti yang dikatakan Alkitab - lembah kematian ini. "

Dan, ketika dia mencoba untuk menjaga penghitungan Covid-19 Nauru di angka nol, dia tahu bahwa seluruh dunia tidak seberuntung itu.

"Setiap kali kita melihat peta [Covid-19], sepertinya dunia mengalami wabah campak - ada titik-titik merah di semua tempat," katanya.

"Jadi kami memastikan sebagai sebuah bangsa ... kami percaya bahwa doa-doa kami akan membantu semua bangsa lain melewati masa-masa sulit ini."

Nauru bukan satu-satunya negara kecil di Pasifik yang menyatakan darurat nasional - Kiribati, Tonga, Vanuatu, dan lainnya, telah melakukan hal yang sama.

Dr Colin Tukuitonga, dari Niue di Pasifik Selatan, yakin itu adalah kebijakan yang tepat.

Dr Tukuitonga adalah pakar kesehatan masyarakat, mantan komisioner Organisasi Kesehatan Dunia, dan sekarang menjadi dekan di sekolah kedokteran di Universitas Auckland.

"Tempat-tempat ini tidak memiliki sistem kesehatan yang kuat," katanya. "Mereka kecil, mereka rapuh, banyak yang tidak memiliki ventilator. Jika wabah memang terjadi, itu akan menghancurkan populasi."

Dan, katanya, banyak pulau di Pasifik yang kesehatannya buruk.

Jika ada wabah parah di negara-negara kecil Pasifik, mereka harus mengirim pasien mereka ke luar negeri. Tapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, ketika negara-negara mengunci perbatasan mereka.

Jadi, kata Dr. Tukuitonga, taruhan terbaik mereka adalah tetap menjaga kasus di angka nol selama mungkin.

"Terisolasinya populasi kecil di seberang lautan besar yang selalu menjadi masalah bagi mereka telah menjadi perlindungan," katanya.

3 dari 3 halaman

Negara Terakhir yang Akan Temukan Kasus Corona

Lalu, negara mana yang kira-kira akan menemukan kasus Virus Corona COVID-19 untuk terakhir kalinya?

"Ini kemungkinan adalah Pasifik Selatan, pulau-pulau yang sangat terpencil, saya akan menggunakan uang saya untuk itu," kata Andy Tatem, seorang profesor demografi dan epidemiologi spesial di University of Southampton.

"Tetapi dalam ekonomi global kita, saya tidak yakin ada tempat yang akan lolos dari penyakit menular seperti itu."

Kuncian - seperti yang ada di Nauru - dapat berfungsi, katanya, tetapi tidak dapat bertahan selamanya.

"Sebagian besar negara-negara ini bergantung pada semacam impor dari luar, entah itu makanan atau barang maupun pariwisata, atau mengekspor barang-barang mereka sendiri. Mungkin mereka dapat dikunci sepenuhnya, tetapi akan merusak negara mereka dan mereka pun harus membukanya pada akhirnya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.