Sukses

Sakit Komplikasi Akibat Corona COVID-19, Dubes Filipina untuk Lebanon Meninggal

Kementerian Luar Negeri Filipina kemudian mengumumkan kematian duta besar berusia 62 tahun itu akibat Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Beirut - Duta Besar Filipina untuk Lebanon Bernardita Catalla meninggal dunia karena komplikasi akibat Virus Corona COVID-19. Ia mengembuskan napas terakhir Kamis (2/4/2020) dini hari waktu setempat, di sebuah rumah sakit, demikian menurut laporan National News Agency.

Mengutip Straits Times, Kementerian Luar Negeri Filipina kemudian mengumumkan kematian duta besar berusia 62 tahun itu akibat Virus Corona jenis baru.

Sejak Desember 2019, Bernardita Catalla dikenal telah mempelopori program pemulangan massal sukarela dari Kedutaan Besar Filipina di Lebanon.

Lebanon telah berjuang melawan Virus Corona COVID-19 sejak 21 Februari. Jumlah infeksi di negara itu telah mencapai 479, dengan kematian hingga 14 orang.

Sebelumnya, Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta juga mengabarkan bahwa seorang pegawai kedubes dilaporkan meninggal dunia akibat Virus Corona jenis batu itu.

Selain di Jakarta, ada pula kasus meninggalnya pegawai Kedubes AS di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo.

“Dengan kesedihan mendalam kami mengukuhkan kematian dua staf lokal di kedutaan besar di Jakarta dan Kinshasa karena pandemi COVID-19. Kami menyampaikan simpati dan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga yang terkena dampak tragedi ini, dan menyampaikan rasa terima kasih atas pengabdiannya pada Amerika,” demikian petikan pernyataan Kementerian Luar Negeri AS seperti dilansir VOA Indonesia, Rabu 1 April. 

Ditambahkan, “Saat ini belum ada laporan tentang kasus kematian warga Amerika terkait COVID-19 yang bekerja di kantor lokal Departemen Luar Negeri dan negara-negara lain.”

AS juga meminta warganya untuk segera kembali dari luar negeri akibat penyebaran Virus Corona jenis baru. Kedutaan AS juga meminta warga AS segera pulang. 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tokoh Politik Dunia Terpapar Corona COVID-19

Di antara lebih dari 935.817 kasus positif Virus Corona jenis baru yang dicatat secara global, di antaranya termasuk pejabat pemerintah, selebritas, dan tokoh olahraga.

Berikut daftar tokoh politik dunia yang terpapar SARS-CoV-2:

  1. Carmen Calvo: Wakil perdana menteri Spanyol dites positif terkena Virus Corona baru pada 25 Maret, kata pemerintah Spanyol.
  2. Pangeran Charles: Pangeran Wales dan pewaris takhta Inggris dites positif terkena Virus Corona baru pada 25 Maret. Pria berusia 71 tahun itu memperlihatkan gejala ringan "tetapi sebaliknya tetap dalam kondisi sehat", kata juru bicara kediaman keluarga Clarence House. Pihaknya juga menambahkan bahwa ia mengisolasi diri di tanah kerajaan di Skotlandia. Istri Pangeran Charles, Camilla, Duchess of Cornwall, juga telah diuji tetapi kemudian dinyatakan negatif. 
  3. Abba Kyari:  Kepala staf presiden Nigeria telah dites positif terkena Virus Corona baru, sebuah sumber dengan pengetahuan langsung tentang masalah ini mengatakan pada 24 Maret. Di usianya yang ke-70, Kyari adalah tokoh penting dalam pemerintahan Presiden Muhammadu Buhari.
  4. Rand Paul:  Anggota partai Republik dari Kentucky adalah senator AS pertama yang dinyatakan positif terkena Virus Corona baru.
  5. Pangeran Albert:  Pangeran Albert II dari Monako telah dites positif untuk Virus Corona baru, kata kepala kerajaan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, menambahkan bahwa "tidak ada masalah untuk kesehatannya" dan bahwa ia tetap bekerja dari apartemen pribadinya. 
  6. Michel Barnier:  Kepala negosiator Uni Eropa Brexit mengatakan dalam akun Twitternya bahwa ia telah dites positif terkena Virus SARS-CoV-2.
  7. Bento Albuquerque:  Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan pada hari Rabu bahwa Menteri Pertambangan dan Energi Bento Albuquerque telah dinyatakan positif menggunakan Virus Corona. Ia menjadi anggota kabinet kedua yang terinfeksi. 
  8. Augusto Heleno:  Penasihat keamanan nasional Brasil mengatakan pada 18 Maret di akun Twitternya bahwa ia telah dites positif terkena Virus Corona baru, meskipun ia tidak memiliki gejala apa pun. Heleno (72) seorang pensiunan jenderal militer dan salah satu pembantu terdekat Bolsonaro, mengatakan dia saat ini sedang di isolasi di rumahnya sambil menunggu tes kedua.  
  9. Jeremy Issacharoff:  Duta Besar Israel untuk Jerman telah dites positif untuk Virus Corona baru, Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan 17 Maret. Issacharoff dilaporkan telah tertular virus SARS-CoV-2 setelah pertemuan dengan seorang wakil dari Majelis Federal Jerman, yang namanya tidak disebut.
  10. Friedrich Merz:  Politikus berusia 64 tahun, yang telah berkampanye untuk memimpin Persatuan Demokrasi Kristen Jerman (CDU) di sebuah kongres yang direncanakan untuk tahun ini, mengatakan di Twitter pada 17 Maret bahwa ia dinyatakan positif mengidap Virus Corona baru dan tengah isolasi di rumahnya.
  11. Kozo Tashima:  Ketua asosiasi sepak bola Jepang dinyatakan positif terinfeksi virus pada 17 Maret. Tashima juga merupakan wakil ketua Komite Olimpiade Jepang.
  12. Nadine Dorries:  Seorang menteri di Kementerian kesehatan Inggris adalah politikus Inggris pertama yang dites positif pada 10 Maret.
  13. Peter Dutton:  Menteri Dalam Negeri Australia terisolasi di rumah sakit setelah tertular virus.
  14. Massoumeh Ebtekar:  Wakil presiden Iran adalah pejabat pemerintah tertinggi negara itu yang terinfeksi, yang juga mempengaruhi beberapa pejabat senior di negara itu. Iraj Harirchi, wakil menteri kesehatan Iran, juga tertular. Iran adalah pusat penyebaran Virus Corona baru di Timur Tengah.
  15. Sophie Gregoire Trudeau:  Pada tanggal 12 Maret, istri perdana menteri Kanada Justin Trudeau dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan perjalanan ke Inggris. Gregoire Trudeau mengatakan dia berencana untuk tetap terisolasi selama dua minggu ke depan, bersama dengan suaminya. Gejalanya yang dialaminya disebut merupakan gejala ringan.
  16. Begona Gomez:  Istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dinyatakan positif, kata para pejabat di kantornya Sabtu malam. Sementara Begona Gomez dinyatakan positif, perdana menteri baik-baik saja, kata para pejabat. Spanyol mengatakan akan menempatkan seluruh negara terkunci karena jumlah kasus yang didiagnosis melebihi 6.000.
  17. Quim Torra:  Pemimpin lokal wilayah Catalonia Spanyol mengatakan pada 16 Maret bahwa ia telah dites positif untuk Virus Corona baru dan bahwa ia akan melakukan isolasi diri di sebuah gedung pemerintah.
  18. Pere Aragones:  Wakil kepala pemerintahan Catalan mengumumkan pada 15 Maret bahwa ia juga dinyatakan positif mengidap Virus Corona baru.
  19. Irene Montero:  Menteri Spanyol dinyatakan positif pada 15 Maret dan telah diisolasi bersama pasangannya, Wakil Perdana Menteri Pablo Iglesias. 
  20. Franck Riester: Awal pekan ini, menteri  kebudayaan Prancis mengatakan dia tinggal di rumahnya di Paris setelah tertular virus. Prancis juga memberlakukan lockdown parsial untuk memeriksa penyebaran COVID-19.
  21. Francis Suarez:  Walikota kota Miami di AS mengkonfirmasi, pada 13 Maret, bahwa ia telah memiliki COVID-19.
  22. Fabio Wajngarten: Sekretaris pers untuk Presiden Brasil Bolsonaro dinyatakan positif setelah ia kembali dari perjalanan AS di mana ia bertemu, antara lain, Presiden AS Trump, yang kemudian dinyatakan negatif.
  23. Michal Wos: Menteri Lingkungan Hidup Polandia dinyatakan positif mengidap Virus Corona, katanya dalam akun Twitternya pada 16 Maret .
  24. Oumarou Idani : Menteri pertambangan Burkina Faso terbukti positif.
  25. Stanislas Ouaro : Menteri Pendidikan Burkina Faso dipastikan memiliki COVID-19.
  26. Simeon Sawadogo : Menteri Dalam Negeri Burkina Faso memiliki Virus Corona baru.
  27. Alpha Barry : Menteri luar negeri Burkina Faso dinyatakan positif COVID-19, katanya di Twitter pada 20 Maret.
  28. Boris Johnson: Perdana menteri Inggris mengatakan pada 27 Maret bahwa ia dinyatakan positif mengidap Virus Corona baru dan mengasingkan diri.
  29. Matthew Hancock:  Menteri Kesehatan Inggris Matthew Hancock mengumumkan pada 27 Maret bahwa ia dinyatakan positif mengidap Virus Corona baru. Hancock mengatakan dia akan mengasingkan diri dan bekerja dari rumah.
  30. Alister Jack : Sekretaris Skotlandia dan anggota Kabinet Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah mengalami gejala COVID-19.
  31. Seyi Makinde : Gubernur Negara Bagian Oyo Nigeria dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.