Sukses

3 Menkes yang Lengser di Tengah Pandemi Global Virus Corona COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada yang menyangka akan terjadi pandemi global Virus Corona (COVID-19) pada awal 2020. Tidak semua menteri kesehatan juga siap menghadapinya sehingga ada yang menjadi target kritikan publik. 

Seperti Menteri Kesehatan Israel Yaakov Litzman. Ia menjadi sumber kritikan karena dinilai telat mengumumkan larangan berkumpul di tempat umum, selain itu Litzman menentang penutupan sinagoga. 

Media Israel pun melaporkan sekelompok dokter meminta Menkes Israel dicopot dan diganti sosok profesional, bukan politik, mengingat negara itu sedang melawan Virus Corona

Yang lebih dekat lagi, ada Menkes Terawan Agus Putranto yang menjadi target kritikan warganet. Menteri Terawan dianggap menganggap enteng Virus Corona tersebut sebelum akhirnya ketahuan menyebar di Indonesia. 

Hingga kini, sudah ada tiga negara yang akhirnya mengganti menteri kesehatan mereka. Ada yang karena dianggap tak becus, hingga tiba-tiba mundur. 

Berikut daftar tiga menkes yang lengser di tengah pandemi Virus Corona

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Belanda

Bruno Bruins mundur dari jabatan menteri kesehatan pada pertengahan Maret lalu. Ia sempat pingsan di parlemen akibat kelelahan.

Menurut laporan Dutch News, Bruins kelelahan ketika menghadiri debat pemerintah terkait cara mengurus Virus Corona. Tidak ada penjelasan terkait apakah pengunduran diri Bruins akibat tekanan pemerintah.

PM Belanda Mark Rutte mengangkat Martin van Rijn sebagai menteri kesehatan sementara.

3 dari 5 halaman

2. Rumania

Victor Costache turun dari jabatan menteri kesehatan Rumania pada akhir Maret setelah mengumumkan bahwa seluruh warga ibu kota Rumania akan ikut tes Virus Corona (COVID-19).

EU Observer melaporkan layanan kesehatan Rumania adalah yang terburuk di Uni Eropa. Dokter-dokter kesulitan mendapatkan perlengkapan layak untuk mengurus pasien Corona.

Anggaran kesehatan Rumania juga ternyata yang paling rendah di Uni Eropa. Costache digantikan oleh wakilnya Nelu Tataru.

4 dari 5 halaman

3. Kirgizstan

Presiden Kirgizstan memecat Kosmosbek Cholponbaev dari jabatan menteri kesehatan karena dianggap tak bisa mencegah penyebaran Virus Corona. Cholponbaev resmi berhenti pada 1 April lalu.

Tak hanya Cholponbaev, Presiden Sooronbai Jeenbekov juga memecat Wakil Perdana Menteri Altynai Omurbekova karena turut dianggap tidak mumpuni mengatasi penyebaran virus.

Menkes Kirzigstan kini adalah Sabirzhan Abdikarimov.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: