Sukses

Prediksi Penerima Hadiah Nobel Soal Corona COVID-19 Terbukti, China Pulih Lebih Cepat

Virus Corona COVID-19 diprediksi oleh penerima hadiah nobel akan membaik lebih cepat. Seperti analisisnya yang terbukti soal wabah di China yang pulih dengan cepat sebelum perkiraan ahli kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Michael Levitt, seorang pemenang Nobel dan ahli biofisika Stanford, mulai menganalisis jumlah kasus Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada bulan Januari. Dan dengan tepat menghitung bahwa China akan melalui wabah Virus Corona baru terburuknya jauh sebelum banyak pakar kesehatan memperkirakan.

Sekarang dia memperkirakan hasil yang sama di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Sementara banyak ahli epidemiologi memperingatkan berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, gangguan sosial besar-besaran dan jutaan kematian, Levitt mengatakan data itu tidak mendukung skenario mengerikan seperti itu terutama di daerah di mana langkah - langkah jarak sosial yang wajar diimplementasikan. Demikian seperti dikutip dari Los Angeles Times, Rabu (25/3/2020).

"Yang kita butuhkan adalah mengendalikan kepanikan," katanya. Dalam skema besar, "kita akan baik-baik saja."

Inilah yang diperhatikan Levitt di Tiongkok: Pada 31 Januari, negara itu memiliki 46 kematian baru karena Virus Corona baru, dibandingkan dengan 42 kematian baru sehari sebelumnya.

Meskipun jumlah kematian setiap hari telah meningkat, tingkat kenaikan itu mulai mereda. Dalam pandangannya, fakta bahwa kasus-kasus baru sedang diidentifikasi pada tingkat yang lebih lambat lebih jelas daripada jumlah kasus baru itu sendiri. Itu adalah tanda awal bahwa lintasan wabah telah bergeser.

Bayangkan wabah itu sebagai mobil yang melaju di jalan raya yang terbuka, katanya. Meskipun mobil masih mendapatkan kecepatan, mobil itu tidak akan secepat sebelumnya.

"Ini menunjukkan bahwa tingkat peningkatan jumlah kematian akan melambat bahkan lebih selama minggu depan," tulis Levitt dalam sebuah laporan yang dia kirim ke teman-temannya pada 1 Februari, yang secara luas dibagikan di media sosial China. Dan segera, dia memperkirakan, jumlah kematian akan berkurang setiap hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkiraan yang Akurat

Tiga minggu kemudian, Levitt mengatakan kepada China Daily News bahwa tingkat pertumbuhan Virus Corona baru telah memuncak. Dia memperkirakan bahwa jumlah total kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di China akan mencapai sekitar 80.000, dengan sekitar 3.250 kematian.

Perkiraan ini ternyata sangat akurat: Pada 16 Maret, China telah menghitung total 80.298 kasus dan 3.245 kematian, di negara dengan hampir 1,4 miliar orang di mana sekitar 10 juta meninggal setiap tahun.

Jumlah pasien yang baru didiagnosis telah turun menjadi sekitar 25 sehari, tanpa ada kasus penyebaran masyarakat yang dilaporkan sejak Rabu.

Sekarang Levitt, yang menerima Hadiah Nobel 2013 dalam bidang kimia untuk mengembangkan model kompleks sistem kimia, melihat titik balik yang serupa di negara-negara lain, bahkan mereka yang tidak menanamkan tindakan isolasi kejam seperti China.

Dia menganalisis data dari 78 negara yang melaporkan lebih dari 50 kasus COVID-19 baru setiap hari dan melihat "tanda-tanda pemulihan" di banyak negara. 

Dia tidak berfokus pada jumlah total kasus di suatu negara, tetapi pada jumlah kasus baru yang diidentifikasi setiap hari dan, terutama, pada perubahan jumlah itu dari satu hari ke hari berikutnya.

"Angka-angka masih bergerak, tetapi ada tanda-tanda jelas pertumbuhan melambat."

3 dari 4 halaman

Kasus di Iran, Italia dan Korsel

Di Korea Selatan, misalnya, kasus yang baru dikonfirmasi ditambahkan ke total negara setiap hari, tetapi penghitungan harian telah menurun dalam beberapa pekan terakhir, tetap di bawah 200. Itu menunjukkan wabah di sana mungkin mereda.

Di Iran, jumlah kasus COVID-19 yang baru dikonfirmasi per hari tetap relatif datar minggu lalu, naik dari 1.053 Senin lalu menjadi 1.028 pada hari Minggu. Meskipun masih banyak kasus baru, kata Levitt, polanya menunjukkan wabah di sana "sudah melewati tanda setengah jalan."

Italia, di sisi lain, sepertinya masih naik. Di negara itu, jumlah kasus baru yang dikonfirmasi meningkat pada sebagian besar hari dalam sepekan terakhir ini.

Di tempat-tempat yang telah berhasil pulih dari wabah awal, para pejabat masih harus bersaing dengan fakta bahwa Virus Corona dapat kembali. 

China sekarang sedang berjuang untuk menghentikan gelombang infeksi baru yang datang dari tempat-tempat di mana virus menyebar tak terkendali. Negara-negara lain pasti menghadapi masalah yang sama.

Levitt mengakui bahwa angka-angkanya berantakan dan jumlah kasus resmi di banyak daerah terlalu rendah karena pengujiannya sangat buruk. Tetapi bahkan dengan data yang tidak lengkap, "penurunan yang konsisten berarti ada beberapa faktor di tempat kerja yang tidak hanya noise dalam jumlah," katanya.

Dengan kata lain, selama alasan jumlah kasus yang tidak akurat tetap sama, masih berguna untuk membandingkannya dari satu hari ke hari berikutnya.

Lintasan kematian mendukung penemuannya, katanya, karena mengikuti tren dasar yang sama dengan kasus-kasus baru yang dikonfirmasi. Begitu juga data dari wabah di lingkungan terbatas, seperti yang ada di kapal pesiar Diamond Princess. Dari 3.711 orang di dalamnya, 712 terinfeksi, dan delapan meninggal.

 

4 dari 4 halaman

Perkiraan Jumlah Kematian

Eksperimen yang tidak disengaja dalam penyebaran Virus Corona baru ini akan membantu para peneliti memperkirakan jumlah kematian yang akan terjadi pada populasi yang sepenuhnya terinfeksi, kata Levitt. 

Sebagai contoh, data dari kapal Diamond Princess memungkinkannya memperkirakan bahwa terkena virus corona baru menggandakan risiko seseorang meninggal dalam dua bulan ke depan. Kebanyakan orang memiliki risiko kematian yang sangat rendah dalam periode dua bulan, sehingga risiko tetap sangat rendah bahkan ketika dua kali lipat.

Nicholas Reich, seorang ahli biostatistik di University of Massachusetts Amherst, mengatakan analisis itu memancing pemikiran, jika tidak ada yang lain.

"Waktu akan memberi tahu apakah prediksi Levitt benar," kata Reich. "Saya benar-benar berpikir bahwa memiliki beragam ahli yang membawa perspektif mereka akan membantu pembuat keputusan menavigasi keputusan yang sangat rumit yang akan mereka hadapi dalam minggu dan bulan mendatang."

Levitt mengatakan dia selaras dengan mereka yang menyerukan langkah-langkah kuat untuk memerangi wabah tersebut. Social distancing yang kini physical distancing menjadi mandat sangat penting - terutama larangan pertemuan-pertemuan besar - karena virus ini begitu baru yang penduduknya tidak memiliki kekebalan untuk itu, dan vaksin masih baru akan tersedia beberapa bulan lagi.

"Ini bukan waktunya untuk pergi minum-minum dengan teman-temanmu," katanya.

Mendapatkan vaksinasi terhadap flu juga penting, karena wabah Virus Corona baru yang menyerang di tengah epidemi flu jauh lebih mungkin membanjiri rumah sakit dan meningkatkan kemungkinan bahwa ini tidak terdeteksi. Ini mungkin faktor di Italia, negara dengan gerakan anti-vaksin yang kuat, katanya.

Namun dia juga menyalahkan media karena menyebabkan kepanikan yang tidak perlu dengan berfokus pada peningkatan jumlah kasus kumulatif dan menyoroti para selebriti yang tertular Virus Corona baru tersebut. Sebaliknya, flu itu telah membuat sakit 36 ​​juta orang Amerika sejak September dan membunuh sekitar 22.000 , menurut CDC, tetapi kematian itu sebagian besar tidak dilaporkan.

Levitt khawatir langkah-langkah kesehatan masyarakat yang telah menutup sebagian besar perekonomian dapat menyebabkan bencana kesehatan mereka sendiri, karena kehilangan pekerjaan menyebabkan kemiskinan dan keputusasaan. Berkali-kali, para peneliti telah melihat bahwa tingkat bunuh diri naik ketika ekonomi menurun.

Virus dapat tumbuh secara eksponensial hanya ketika tidak terdeteksi dan tidak ada yang bertindak untuk mengendalikannya, kata Levitt. Itulah yang terjadi di Korea Selatan bulan lalu, ketika sebuah sekte tertutup menolak untuk melaporkan kasusnya.

"Orang-orang perlu dianggap sebagai pahlawan karena mengumumkan mereka memiliki virus ini," katanya.

Tujuannya perlu deteksi dini yang lebih baik, tidak hanya melalui pengujian tetapi mungkin dengan pengawasan suhu tubuh, yang diterapkan China dan isolasi sosial langsung.

Sementara tingkat kematian COVID-19 tampaknya secara signifikan lebih tinggi daripada flu, Levitt mengatakan itu, cukup sederhana, "bukan akhir dunia."

"Situasi sebenarnya tidak separah yang mereka bisa," katanya.

Loren Miller, seorang dokter dan peneliti penyakit menular di Lundquist Institute for Biomedical Innovation di Harbor-UCLA Medical Center, mengatakan terlalu dini untuk menarik kesimpulan apa pun, tentang jalan bagaimana pandemi akan bisa hilang sepenuhnya.

"Ada banyak ketidakpastian sekarang," katanya. “Di China mereka melaluinya sejak awal. Di AS mungkin kita miliki, atau mungkin tidak. Kami hanya tidak tahu. "

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini