Sukses

Joe Biden Temui Barack Obama Bahas Nama Calon Wakil Presiden

Proses pemilihan calon wakil presiden untuk Biden setidaknya mencakup enam sampai tujuh orang atau lebih.

Liputan6.com, Washington, D.C - Joe Biden yang merupakan calon presiden terpilih dari Partai Demokrat bertemu dengan Barack Obama pada Minggu, 22 Maret. Keduanya membahasa nama yang akan dijadikan kandidat calon wakil presiden dalam pilpres AS 2020.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (23/3/2020) proses pemilihan calon wakil presiden untuk Biden setidaknya mencakup enam sampai tujuh orang atau lebih.

Mereka akan menjalani seleksi dan memastikan latar belakang mereka sebelum terpilih untuk melenggang ke pemilihan presiden dan wakil presiden 2020.

"Saya harus memulai proses seleksi dan pemilihan lebih cepat, artinya dalam beberapa minggu ke depan," kata Joe Biden.

"Saya pikir akan ada lebih dari enam atau tujuh orang yang akan saya lihat."

Biden mengatakan dalam debat Demokrat pekan lalu bahwa ia akan memilih seorang wanita untuk pekerjaan itu, kualifikasi yang ia tegaskan pada saat itu.

Biden juga menekankan bahwa wanita itu harus setuju dengan pandangan fundamentalnya tentang kebijakan, termasuk perawatan kesehatan, pendidikan dan perlunya pengaruh AS yang luas di dunia.

Joe Biden mengatakan bahwa ia berbagi kesamaan dengan Obama, meskipun mereka terkadang berbeda dalam hal taktik.

"Saya telah berbicara dengan Barack Obama tentang hal ini. Yang paling penting adalah seseorang itu sosok yang sehari setelah dipilih akan siap menjadi presiden Amerika Serikat jika terjadi sesuatu dikemudian hari," kata Biden.

Biden memegang kepemimpinan kuat atas Senator Bernie Sanders, saingannya yang tersisa untuk nominasi partai guna menghadapi Calon Presiden dari Partai Republik yaitu Donald Trump.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menang Primary di Tiga Negara Bagian

Jalan bagi Joe Biden menjadi capres Partai Demokrat semakin mulus. Pada pemilihan primary yang berlangsung Selasa, 17 Maret 2020, Joe Biden menang di tiga negara bagian sekaligus: Arizona, Florida, dan Illinois.

Ada 441 delegasi yang Joe Biden menangkan di tiga negara bagian tersebut. Biden dari awal sudah diunggulkan menang di Florida dan Illinois, dan terakhir ia diproyeksikan menang di Arizona, demikian laporan USA Today.

Pesaing tunggal Joe Biden, yakni Senator Bernie Sanders, tidak berhasil menang. Jumlah delegasi Biden kini mencapai 1.147 orang, dan delegasi Sanders bahkan belum menyentuh 900.

Jumlah delegasi yang dibutuhkan untuk menang di Konvensi Nasional Partai Demokrat adalah 1.991 orang. Pemenangnya akan mendapat tiket sebagai capres Partai Demokrat.

Primary yang baru berlangsung ini adalah yang pertama kali sejak Presiden AS Donald Trump mengumumkan darurat nasional akibat Virus Corona. Akibatnya, Ohio batal ikut primary hari ini karena banyak pegawai di pencoblosan yang mangkir.

Pada primary kali ini, Joe Biden dan Bernie Sanders sama-sama akur. Senator Bernie berkata ini adalah saatnya kompak.

"Pada momen krisis ini maka penting agar kita berdiri bersama," ujar Sanders. "Ini adalah momen untuk kita bekerja bersama-sama," ujar Sanders.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.