Sukses

Indonesia Masuk Daftar Peta Persebaran Virus Corona COVID-19 di Dunia

Satu negara di Asia, kembali dilaporkan terinfeksi Virus Corona. Indonesia kini ada dalam daftar Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu negara di Asia, kembali dilaporkan terinfeksi Virus Corona. Indonesia kini masuk daftar peta persebaran COVID-19, Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Mengutip gisanddata.maps.arcgis.com, Senin (2/3/2020), dalam daftar tersebut Indonesia disebutkan dengan data berikut:

  • Indonesia Confirmed: 2
  • Deaths: 0
  • Recovered: 0
  • Existing: 2

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sudah membenarkan saat ini ada dua orang di Indonesia yang diduga terinfeksi Virus Corona. Menurut Terawan, keduanya bertempat tinggal di wilayah dekat Depok.

"(2 orang itu) di rumahnya, daerah dekat Depok," ujar Menkes Terawan.

Keduanya merupakan ibu dan anak. Sang ibu berumur 64 tahun dan anaknya 31 tahun. Prosedurnya untuk penanganan orang terduga kena Virus Corona sudah dilakukan.

"Kita sudah cek, kita bawa. Sudah melakukan isolasi rumah. Sesuai prosedur kita lakukan, menjaga rumahnya. Jadi sudah terdeteksi dari 1 Maret kita lakukan, begitu dengar berita, kita lakukan penelusuran, kita lakukan pemeriksaan," kata Terawan.

Terawan menjelaskan, kedua orang itu melakukan kontak langsung dengan warga negara Jepang yang sebelumnya positif terjangkit Virus Corona.

"Karena ini kan kontak langsung, ini kan kita cek. Kalau enggak close kontak, itu berbeda. Kita mengacu pada epidologis, mana yang paling memungkinkan," jelas Terawan.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

WNI di Kapal Diamond Princess dan World Dream

Sebelumnya, 188 WNI kru kapal World Dream tiba di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, usai dipindahkan dari KRI Soeharso-990, Jumat 28 Februari 2020 sore. Mereka kemudian menjalani 14 hari masa observasi usai dipulangkan dari Hong Kong akibat mewabahnya Virus Corona.

Sementara itu, sebanyak 69 orang warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal Diamond Princess juga diterbangkan pulang ke Tanah Air. Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat.

Menurut informasi dari Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr Achmad Yurianto, kepada wartawan, Minggu (1/3/2020), para WNI ABK Diamond Princess dibawa pulang pada Minggu 1 Maret 2020 pukul 18.00 waktu setempat dan tiba di tanah air sekitar pukul 23.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.