Sukses

Kemlu Tegaskan 2 Ratusan WNI di Kapal World Dream Negatif Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Kapal World Dream yang kini ditolak berlabuh di banyak negara, sedang menjadi perhatian pemerintah selain kapal Diamond Princess. Pasalnya, satu penumpang dari kapal Dream World telah dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona. Hal itu lah yang membuat kekhawatiran bagi otoritas di sejumlah negara untuk menerima kedatangan mereka. 

Dalam kapal tersebut, terdapat lebih dari 200 WNI yang berkerja sebagai kru atau anak buah kapal (ABK). 

Kendati demikian, pihak Kementerian Luar Negeri telah memberikan konfirmasinya mengenai kondisi seluruh WNI di sana. 

"Crew WNI (yang jumlahnya lebih dari 200) dinyatakan negatif COVID-19 setelah dikarantina selama 14 hari di Hong Kong," kata Joedha Nugraha, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI setelah mendapat konfirmasi dari KJRI Hong Kong, ketika dihubungi oleh Liputan6.com pada Minggu (23/2/2020). 

 

2 dari 3 halaman

Kata Departemen Kesehatan Hong Kong

Tepisah, KJRI Hong Kong telah memperoleh konfirmasi dari Dr Allen Chi-wai CHAN, Senior Port Health Officer, Port Health Division, Communicable Disease Branch, Centre for Health Protection, Departemen Kesehatan Hong Kong yang menegaskan, "Tidak ada eks penumpang kapal pesiar dream world yang turun di Hong Kong yang belakangan positif terinfeksi covid 19."

Kini, pihak dari kementerian kesehatan sedang mengusahakan cara untuk menjemput mereka kembali ke Tanah Air. 

Seperti terhadap WNI di kapal Diamond Princess, pemerintah pun berencana menjemput WNI dari Kapal World Dream menggunakan jalur laut. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading