Sukses

Top 3: Pengakuan Mengerikan Professor Jepang Soal Kapal Diamond Princess Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan untuk melakukan karantina di atas kapal pesiar Diamond Princess mendapat kritikan dari profesor di Jepang. Profesor Iwata Kentaro dari Universitas Kobe. Ia mengaku ngeri melihat kondisi di atas kapal.

Kondisi di Diamond Princess disebut menakutkan sebab pihak kapal tidak memiliki tenaga profesional untuk menahan lajunya persebaran Virus Corona (COVID-19). Hal itu Iwata lihat sendiri ketika berada di dalam Diamond Princess.

Informasi pengakuan professor Jepang soal Kapal Diamond Princess ini menjadi yang paling populer di kanal Global Liputan6.com.

Artikel berikut yang tak kalah menarik yaitu informasi terkait adanya potensi bertambahnya WNI yang positif Virus Corona di Kapal Pesiar Diamond Princess, di mana Jepang siap membantu evakuasi.

Namun, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi menjelaskan ada potensi bertambahnya jumlah kasus positif WNI yang kena Virus Corona di kapal Diamond Princess. Pasalnya, ada WNI yang masih diuji kesehatannya. 

Berita terakhir yang tak kalah pentingnya yaitu informasi mengenai 5 figur terkenal dunia yang meninggal akibat serangan jantung, selain Ashraf Sinclair, suami dari Bunga Citra Lestari yang meninggal pada 18 Februari 2020 karena serangan jantung.

Simak berikut ketiga artikel dalam Top 3 kanal Global Liputan6.com edisi Kamis (20/2/2020):

2 dari 5 halaman

1. Pengakuan Professor Jepang Soal Kapal Diamond Princess: Di Sana Mengerikan

Keputusan untuk melakukan karantina di atas kapal pesiar Diamond Princess mendapat kritikan dari profesor di Jepang. Profesor Iwata Kentaro dari Universitas Kobe. Ia mengaku ngeri melihat kondisi di atas kapal.

Profesor Iwata Kentaro adalah ahli penyakit menular dari Universitas Kobe. Ia punya pengalaman menghadapi penyakit Ebola, Kolera hingga SARS.

Kondisi di Diamond Princess disebut menakutkan sebab pihak kapal tidak memiliki tenaga profesional untuk menahan lajunya persebaran Virus Corona (COVID-19). Hal itu Iwata lihat sendiri ketika berada di dalam Diamond Princess.

"Di dalam Diamond Princess saya begitu takut terkena COVID-19," ujar Iwata seperti dikutip Rabu (19/2/2020).

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. WNI Positif Virus Corona di Kapal Diamond Princess Berpotensi Bertambah, Jepang Siap Bantu Evakuasi

Tiga WNI yang bekerja di kapal pesiar Diamond Princess dilaporkan positif tertular Virus Corona (COVID-19). Kabar ini disampaikan Kementerian Luar Negeri pada Selasa siang, 18 Februari 2020.

Ada total 78 WNI yang bekerja di Diamond Princess sejatinya sedang menyelesaikan masa isolasi yang akan selesai pada 19 Februari. Para WNI itu positif Virus Corona satu hari sebelum masa karantina usai.

WNI yang terinfeksi sudah diurus otoritas kesehatan Jepang. Dua di antaranya dibawa ke Rumah Sakit di kota Chiba, sementara Kemlu belum bisa mengkonfirmasi lokasi rumah sakit WNI yang ketiga. 

Namun, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi menjelaskan ada potensi bertambahnya jumlah kasus positif WNI yang kena Virus Corona di kapal Diamond Princess. Pasalnya, ada WNI yang masih diuji kesehatannya. 

Baca selengkapnya... 

4 dari 5 halaman

3. Selain Ashraf Sinclair, Ini 5 Figur Terkenal Dunia yang Meninggal Akibat Serangan Jantung

Diduga karena serangan jantung, meninggalnya aktor Indonesia (yang juga berasal dari Malaysia) Ashraf Sinclair pada 18 Februari 2020 tidak hanya memberikan duka yang mendalam, namun juga mengejutkan masyarakat Indonesia. 

Selain Ashraf Sinclair, ada beberapa tokoh dunia seperti pemimpin dunia dan aktor Hollywood terkenal yang juga pernah dikabarkan meninggal karena serangan jantung.

Serangan jantung didefinisikan sebagai masalah peredaran darah yang disebabkan ketika aliran darah ke bagian jantung tersumbat karena penyumbatan atau pecahnya arteri, menurut American Heart Association, seperti dikutip dari USA Today, Rabu, (19/2/2020).

Direktur kardiologi preventif di Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School, Jorge Plutzky, juga mendefinisikan serangan jantung sebagai "kekurangan pasokan darah yang berkelanjutan ke bagian tertentu dari jantung di mana otot jantung mulai mati."

Baca selengkapnya...

 

Reporter: Jihan Fairuzzia 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: