Sukses

Top 3: Xi Jinping Telepon Jokowi hingga Uji Coba Vaksin Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Presiden China Xi Jinping menelepon Presiden Jokowi pada Selasa 11 Februari malam jadi sorotan. Pasalnya, Xi meyakinan Jokowi bahwa China akan menang melawan wabah Virus Corona jenis baru yang sampai saat ini telah membunuh 1.112 orang.

Berita populer selanjutnya tentang kesaksian penumpang kapal Diamond Princess yang sedang di karantina akibat Virus Corona. Otoritas kesehatan Jepang melaporkan lebih dari 61 kasus Virus Corona baru di kapal pesiar Diamond Princess pada Senin, 10 Februari 2020.

Kapal pesiar itu dalam karantina di Pelabuhan Yokohama, dekat Tokyo, sejak pekan lalu. Laporan ini menambah jumlah total kasus infeksi Virus Corona di kapal tersebut.

Masih tentang Virus Corona, sekelompok ilmuwan Inggris percaya bahwa mereka telah menjadi yang pertama dalam memulai pengujian hewan terhadap vaksin untuk Virus Corona baru yang telah menewaskan lebih dari 1000 orang. Mereka melakukan pengujian vaksin tersebut kepada tikus. 

Berikut 3 artikel terpopuler kanal Global Liputan6.com edisi Kamis, 13 Februari 2020:

2 dari 5 halaman

1. Telepon Jokowi, Xi Jinping Pastikan China Menang Lawan Virus Corona

Presiden China Xi Jinping menelepon Presiden Jokowi pada Selasa 11 Februari malam. Xi meyakinan Jokowi bahwa China akan menang melawan wabah Virus Corona jenis baru yang sampai saat ini telah membunuh 1.112 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Xi menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan dan pengertian Indonesia sebagai negara sahabat. 

"Sebagai sesama negara berkembang, China dan Indonesia, harus bergandengan tangan memikul tanggung jawab bersama demi mencapai kemajuan yang baru," ujar Xi Jinping dikutip media resmi setempat, Rabu (12/2/2020).

 

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Kesaksian Penumpang Kapal Diamond Princess yang Dikarantina Akibat Virus Corona

Otoritas kesehatan Jepang melaporkan lebih dari 61 kasus Virus Corona baru di kapal pesiar Diamond Princess pada Senin, 10 Februari 2020.  Kapal pesiar itu dalam karantina di Pelabuhan Yokohama, dekat Tokyo, sejak pekan lalu.

Laporan ini menambah jumlah total kasus infeksi Virus Corona di kapal tersebut menjadi lebih dari 130 kasus. Di hari yang sama, Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato menyatakan bahwa pemerintah tengah mempertimbangkan pemeriksaan terhadap 3.711 penumpang dan seluruh kru kapal di dalam kapal pesiar tersebut.

Jika benar akan dilakukan pemeriksaan, maka seluruh penumpang dan kru kapal diharuskan untuk tetap tinggal di dalam kapal sampai hasil tes pemeriksaan keluar. 

 

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Jadi yang Pertama, Kelompok Ilmuwan Inggris Coba Vaksin Virus Corona ke Tikus

Sekelompok ilmuwan Inggris percaya bahwa mereka telah menjadi yang pertama dalam memulai pengujian hewan terhadap vaksin untuk Virus Corona baru yang telah menewaskan lebih dari 1.100 orang.

Para peneliti di Imperial College London mengatakan tujuan akhir mereka adalah untuk memiliki cara yang efektif dan aman untuk menghentikan penyebaran jenis SARS pada akhir tahun. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (12/2/2020). 

"Saat ini kami baru saja memasukkan vaksin yang kami hasilkan dari bakteri ini ke tikus," kata peneliti Imperial College London Paul McKay kepada AFP dalam sebuah wawancaranya. 

 

Baca selengkapnya...

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

5 dari 5 halaman

Saksikan video berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pariwisata Indonesia Rugi Rp 6,9 Triliun Akibat Wabah Corona
Artikel Selanjutnya
Universitas Singapura Tunda Pertukaran Pelajar ke Korsel Akibat Virus Corona