Sukses

Terima Kasih dari China Atas Dukungan Indonesia Lawan Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, seorang polisi asal Jambi Indonesia menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa Mandarin berjudul Jiayou Wuhan. Sebagai upaya memberikan semangat bagi warga Kota Wuhan yang merupakan pusat wabah Virus Corona.

Aksinya menjadi populer di Internet.

Banyak teman Indonesia juga mengorganisir kegiatan, merekam video, memposting di media sosial untuk memanjatkan doanya kepada Wuhan dan Tiongkok. Sebenarnya dalam melawan wabah Pneumonia Virus Corona tipe baru, orang-orang Tiongkok selalu merasakan dukungan berharga dan bantuan tanpa pamrih dari semua lapisan masyarakat Indonesia.

Perlakuan baik ini sangat menghangatkan hati.

Selain itu, Presiden Jokowi telah berkomunikasi via telepon dengan Presiden Xi Jinping untuk menyampaikan simpati dan dukungan kepada rakyat China. Pemerintah Indonesia juga telah mengirimkan bantuan perlengkapan medis berupa masker dan pakaian pelindung kepada pihak Tiongkok.

Banyak anggota kabinet, pejabat tinggi, dan anggota parlemen memberikan simpati, dukungan, keyakinan serta doanya kepada rakyat Tiongkok melalui surat, telepon dan video. 

"Ketulusan hati sejati dalam kesulitan ini telah sepenuhnya menunjukkan persahabatan tradisional yang saling membantu dan memperhatikan antara kedua negara dan rakyat kita. Kami sangat menghargainya dan mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya," kata Juru Bicara Kedutaan Besar China untuk Indonesia, seperti dikutip dari id.china-embassy.org, Rabu (12/2/2020).

 

2 dari 4 halaman

Koordinasi dan Kerja Sama Baik

Dalam menanggapi wabah ini, Tiongkok selalu mementingkan koordinasi dan kerja sama dengan pihak Indonesia, dan telah menjalin komunikasi erat dengan pemerintah RI, Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Indonesia untuk Tiongkok serta lembaga terkait lainnya untuk memberikan perawatan dan bantuan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Tiongkok.

Berkat upaya bersama kedua belah pihak, pihak Indonesia belakangan ini berhasil mengirim pesawat sewaan untuk menjembut kembali 243 WNI Indonesia yang tinggal di Provinsi Hubei dan membantu warga negara Tiongkok yang terdampar di Indonesia pulang ke negeri asalnya secara lancar.

Depertemen relevan Indonesia juga secara aktif menyediakan fasilitas visa bagi wisatawan Tiongkok yang masih berada di Indonesia saat ini.

Pihak Tiongkok akan terus berkomunikasi erat dengan pihak Indonesia, memperkuat kerja sama dalam pencegahan dan pengendalian wabah dan meminimalkan dampaknya bagi kerja sama di berbagai bidang antara kedua negara.

3 dari 4 halaman

Upaya Keras China

Wabah Virus Corona ini dapat dicegah, dikendalikan, dan diobati. Pemerintah dan rakyat Tiongkok sedang berupaya keras memerangi wabah dan telah mencapai hasil positif.

Saat ini, jumlah pasien yang baru terinfeksi di Tiongkok telah berangsur-angsur menurun selama beberapa hari berturut-turut, dan jumlah orang yang sembuh juga terus meningkat. Dengan kepemimpinan pemerintah Tiongkok yang kuat, upaya bersama rakyat Tiongkok, dan dukungan dari Indonesia dan masyarakat internasional, Tiongkok memiliki keyakinan, kemampuan, dan kepastian untuk memenangkan pertempuran melawan wabah ini.

Pihak Tiongkok akan terus menjunjung tinggi prinsip keterbukaan dan transparan serta secara aktif melakukan kerja sama internasional dengan pihak-pihak terkait termasuk Indonesia.

"Kami berharap dapat terus berjalan berdampingan dan bersama mengatasi kesulitan dengan pihak Indonesia!," tutur jubir Kedubes China untuk Indonesia melalui pernyataan tertulisnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Loading