Sukses

Badan Pesawat Terbelah Tiga, Ini 8 Fakta Pesawat Tergelincir di Bandara Istanbul

Liputan6.com, Istanbul - Kecelakan pesawat terjadi di landasan pacu Bandara Sabiha Gokcen Istanbul, Turki pada Rabu 5 Februari 2020.

Peristiwa itu mengakibatkan sejumlah orang meninggal dunia.

Insiden tersebut mengakibatkan pesawat yang membawa 183 penumpang (awalnya disebut 177) bersama kru terbakar dan meledak. Kendati demikian mayoritas penumpang selamat dan hanya terluka.

Berikut ini sejumlah fakta di balik kecelakaan pesawat di Istanbul tersebut, dikutip dari beragam sumber, Kamis (6/2/2020):

2 dari 10 halaman

1. Pesawat Boeing 737-86J ini memiliki nomor penerbangan PC2193. Unit terdaftar dengan seri TC-IZK.

3 dari 10 halaman

2. Maskapai Pegasus Airlines adalah low-cost carrier atau menawarkan penerbangan murah dengan 97 rute. Sebagian besar di Turki dan ke tujuan di Eropa, Timur Tengah dan Asia Tengah.

4 dari 10 halaman

3. USA Today menurut situs pelacakan penerbangan Flightradar24 menyebutkan bahwa usia pesawat 11 tahun.

5 dari 10 halaman

4. Pesawat pecah menjadi tiga bagian. Televisi NTV juga melaporkan bahwa pesawat terbakar sesaat setelah kejadian, tapi api kemudian berhasil dipadamkan.

6 dari 10 halaman

5. Sejumlah video menunjukkan penumpang terlihat berebut melewati badan pesawat untuk melarikan diri, dalam apa yang oleh Kementerian Transportasi Turki digambarkan sebagai 'rough landing'.

7 dari 10 halaman

6. Pesawat terbang itu sepertinya diterpa angin kencang dan hujan lebat yang menghantam Istanbul, kota terbesar di Turki setelah terbang dari Bandara Izmir Adnan Menderes.

8 dari 10 halaman

7. Aljazeera menyebut ini adalah kecelakaan kedua dalam sebulan. Pesawat Pegasus sebelumnya dengan 164 orang di dalamnya tergelincir di landasan pacu di Istanbul di bandara yang sama. Tidak ada kematian atau cedera dalam insiden pada 7 Januari.

9 dari 10 halaman

8. Tak ada WNI jadi korban.

10 dari 10 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading