Sukses

5-2-1953: Peter Pan, Film Ke-14 Walt Disney Dirilis

63 tahun yang lalu, film animasi ke-14 yang diproduksi oleh Walt Disney Productions tayang di layar kaca untuk pertama kalinya.

Liputan6.com, Jakarta - 63 tahun yang lalu, film animasi ke-14 yang diproduksi Walt Disney Productions tayang di layar kaca.

Film berjudul "Peter Pan" ini merupakan sebuah kartun adaptasi animasi dari drama J. M. Barrie yang disutradarai Hamilton Luske, Clyde Geronimi dan Wilfred Jackson dan dirilis oleh R. K. O. Radio Pictures, di Roxy.

Film animasi ini mengangkat kisah seorang anak laki-laki yang bisa terbang dan tidak pernah bisa tumbuh dewasa. Peter Pan, Kapten Hook, Never Land, dan detail lainnya dalam film ini dibuat dengan sangat baik oleh JM Barrie.

Tokoh-tokoh kartun ini berhasil bertahan lama dalam beberapa film, serial TV, buku, dan panggung Broadway secara harfiah selama beberapa generasi, demikian dilansir Slashfilm, Rabu (5/2/2020). 

Dan hari ini menjadi hari 63 tahun animasi Disney dalam film Peter Pan, yaitu sebuah film yang ditandai oleh citra dan musiknya yang mengesankan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menginsipirasi Atraksi Taman Hiburan Peter Pan’s Flight

Peter Pan menginspirasi salah satu atraksi taman hiburan paling populer dalam sejarah Disney, yakni Peter Pan's Flight. Teman peri Peter, yakni Tinker Bell, berada di sebelah Mickey Mouse, bersama dengan simbol Walt Disney Company yang bertahan lama di taman hiburan itu.

Film itu sendiri, telah meraup hampir setengah miliar dolar di dalam negeri selama beberapa kali ditayangkan di berbagai teater.

Dalam filmnya, Peter Pan berhasil mengenalkan lagu “You Can Fly” dan “The Second Star to the Right” serta lagu berjudul “What Makes the Red Man Red.”

Walt Disney Animation Studios telah mengisi film-filmnya dengan lebih banyak karakter berkulit coklat, seperti pemeran utama Aladdin, Mulan, The Princess and The Frog, dan Moana.

3 dari 3 halaman

Peter Pan 2003

Film ini dibuat 63  tahun yang lalu. Penciptanya hampir seluruhnya laki-laki berkulit putih. Terlebih lagi, mereka mengadaptasi sebuah cerita dari pergantian abad ke-20, yang mencakup Tiger Lily dan sukunya (kemudian dijuluki "Piccaninny").

Setelah meraih kesuksesan pada film animasinya, Walt Disney tidak kehabisan ide. Peter Pan hadir kembali dengan film pemain nyata, bukan animasi. Film yang dirilis 2003 ini, melanjutkan perjalanan cerita dari animasi Peter Pan di 1953.

Peter Pan dalam film baru pada 2003 ini dimainkan oleh Jeremy Sumpter, Rachel Hurd-Word sebagai Wendy, Ludivine Sagnier sebagai Tinker Bell, Carsen Gray sebagai Tiger Lily, dan karakter lainnya diperankan oleh artis-artis berbakat seperti Jasoon Isaacs, Olivia Williams, Harry Newell, Freddie Popplewell, Lynn R, dan Richard Briers.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.