Sukses

Jurus Jitu China Sembuhkan 632 Pasien Virus Corona

Walaupun jumlah kasus dan korban meninggal dari virus corona terus bertambah, perlu diketahui juga bahwa 632 pasien sudah dinyatakan sembuh.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona yang tengah mewabah sekaligus mematikan di China menimbulkan ketakutan bagi seluruh dunia. Pasalnya, kini sudah ada 20.589 laporan kasus Virus Corona yang dikonfirmasi dan 425 kasus kematian.

Namun, penting untuk diketahui juga bahwa sudah ada 632 pasien yang telah dikonfirmasi sembuh dan diperbolehkan pulang. 

Berkaca dari fakta tersebut, lantas apa saja langkah yang sudah dilakukan China dalam menyembuhkan para pasien di sana? 

Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian mengatakan bahwa sejak wabah Virus Corona pertama kali menyebar, para ahli-ahli dari Tiongkok pun terus melakukan penelitian terkait asal-usul dari virus tersebut.

Berdasarkan penelitian pusat pengendalian penyakit China, virus ini berkemungkinan besar berasal dari binatang liar, yaitu kelelawar. Namun, ia kemudian menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut masih harus terus dilakukan.  

Ahli-ahli di China saat ini masih berupaya keras untuk menemukan obat yang bisa membunuh virus tersebut.

"Untuk sementara, ahli-ahli di Tiongkok sedang mengkombinasikan cara-cara tradisional Tiongkok dan Barat supaya mereka secepatnya menemukan vaksin dan obat terkait. Kami sangat berharap bahwa ini bisa datang lebih awal," papar Dubes Xiao. 

"Menurut saya kalau detail tentang langkah pengobatan dan obat yang digunakan mungkin harus dijawab ahli-ahli di negara kami..... Saya juga sudah tahu bahwa baik cara tradisional Tiongkok dan cara Barat, mereka masing-masing mendapat progress yang cukup bagus," tambahnya lagi. 

Saat ini, laboratorium nasional China juga telah melakukan langkah penelitian secara ilmiah. Mereka telah mengisolasikan tiga strain virus yang nantinya bisa saja digunakan menjadi bahan vaksin. 

Selain itu, institut terkait di Akademi Ilmu Pengetahuan China juga sudah menyaring beberapa obat yang bisa menghambat perkembangan Virus Corona. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yakin Mampu Kalahkan

Walaupun Virus Corona telah menjadi epidemi dan tengah mewabah tak hanya di China, bahkan ke negara lainnya, pemerintah Tiongkok masih yakin sepenuhnya bahwa mereka dapat melawan virus ini. 

"....Kami sepenuhnya memiliki kemampuan, kepercayaan diri, dan sumber daya untuk memenangkan perjuangan pencegahan dan pengendalian wabah virus corona secepat mungkin," kata Dubes Xiao.

Wabah virus corona kini tak hanya menjadi musuh bagi China tapi juga dunia, maka dari itu pemerintah Tiongkok mengharapkan adnaya kerja sama yang erat antar komunitas internasional dalam mendukung usaha pencegahan dan pengendalian wabah virus.

Pemerintah Tiongkok juga kemudian mengajak semua pihak untuk terus menjaga keamanan kesehatan masyarakat regional maupun dunia berdasarkan Peraturan Kesehatan Internasional dan rekomendasi dari WHO. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.