Sukses

Benarkah Donald Trump Salah Sebut Masjid Al Aqsa Jadi Al Aqua?

Donald Trump disebutkan salah melafalkan Masjid Al Aqsa jadi Al Aqua. Netizen pun meresponsnya dengan meme kocak.

Liputan6.com, New York - Pernyataan Presiden AS Donald Trump saat menyampaikan Middle East Peace Plan atau rencana perdamaian "Kesepakatan Abad Ini" pada Selasa, 29 Januari menuai reaksi warganet. Dalam kesempatan tersebut, ia menyebut Masjid Al Aqsa di Yerusalem sebagai Masjid "Al Aqua".

Situs Alaraby.co.uk yang dikutip Rabu (30/1/2020) menyebut netizen Twitter pun bereaksi dengan kaget, lantas menyerang Donald Trump dengan serangkaian meme kocak.

Ini bukan kesalahan pengucapan lucu pertama Trump.

Juga dikenal sebagai Dome of the Rock, Al Aqsa adalah salah satu situs yang paling diperebutkan dalam konflik Israel-Palestina. Terletak di jantung kota tua Yerusalem, masjid ini dianggap sebagai situs tersuci ketiga dalam Islam.

Namun, masjid ini juga terletak di apa yang dikenal sebagai Temple Mount--yang dianggap sebagai situs paling suci Yudaisme sebagai lokasi kuil kedua yang bersejarah.

Masjid ini dikelola oleh wakaf Yordania, tetapi pasukan keamanan Israel mempertahankan kontrol atas masuknya ke situs tersebut, dengan pembatasan ketat pada warga Palestina dari Tepi Barat yang diduduki dan mengepung Jalur Gaza seiring pembatasan akses.

Statusnya yang penting membuatnya jadi sengketa selama konflik, dengan organisasi ekstremis Israel yang merencanakan untuk meledakkan masjid pada 1980-an dan kunjungan kontroversial pemimpin oposisi Ariel Sharon ke kompleks yang memprovokasi Intifada Kedua di Iran tahun 2000.

Berikut ini salah satu rekaman yang menunjukkan Donald Trump menyebut Al Aqsa menjadi Al Aqua:

"Bekerja bersama Raja Yordania Jordan, Israel akan memastikan bahwa status quo Temple Mount dipertahankan di bawah rencana perdamaian, menjamin bahwa semua Muslim yang ingin mengunjungi secara damai dan berdoa di masjid Al Aqua akan dapat melakukannya," kata Trump pada hari Selasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Netizen

Kesalahan pengucapan Donald Trump itu melahirkan beberapa reaksi lucu di Twitter.

Seorang netizen menyebut "Bagi sebagian orang, terpelesetnya lidah Trump mengingatkan pada water park atau taman air Muslim.

Lainnya menyambung ucapan Donald Trump dengan menyebut "Mungkinkah Jason Momoa - AKA Aquaman - menjadi imam berikutnya di situs tersuci ketiga Islam?"

Bagi yang lain, penyebutan Al Aqua mengingatkan mereka pada akuarium.

Sementara generasi tahun 90-an memikirkan grup pop ikonik Aqua dan lagu mereka tahun 1997 "Barbie Girl".

Sementara yang lain menunjuk pada kesamaan antara slip "Al-Aqua" Trump dan kata Arab "Al-Aqwa", yang berarti terkuat. Berikut ini rekaman saat Donald Trump menyebutkan kata tersebut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini