Sukses

Mengenal Wuhan, Kota Seukuran London Tempat Wabah Virus Corona Bermula

Liputan6.com, Jakarta - Wuhan memang bukan kota besar di China yang terkenal seperti Beijing atau Shanghai. Namun, munculnya wabah Virus Corona baru membuat Wuhan mendunia.

Wuhan merupakan kota metropolitan yang ramai dengan koneksi ke setiap bagian dunia. Menurut pejabat pemerintah setempat, populasi penduduk Wuhan sebanyak 11 juta, meskipun data PBB dari 2018 menyebut 8,9 juta orang tinggal di kota China tengah itu.

Kota ini seukuran dengan London, tetapi jauh lebih besar dari Washington DC. Satu perkiraan menjadikannya kota terbesar ke-42 di dunia, dan terbesar ke-7 di China. Dan itu adalah ukuran dan pengaruh ekonomi dari Wuhan yang menjelaskan mengapa Virus Corono menyebar dengan cepat ke seluruh Asia, dan bahkan ke Amerika Serikat.

Secara singkat, virus telah menyebar begitu luas karena banyak orang mengunjungi Wuhan dan membawa pulang virus itu bersama mereka.

Bandara internasional Wuhan menangani 20 juta penumpang pada 2016, dan menawarkan penerbangan langsung ke London, Paris, Dubai, dan kota-kota lain di seluruh dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sepanjang Sungai Yangtze

Kota ini dibangun di sepanjang sungai Yangtze dan, menurut situs webnya, kota ini adalah "dasar dari manufaktur berteknologi tinggi dan manufaktur tradisional".

Ini memiliki serangkaian zona industri, 52 "lembaga pendidikan tinggi", dan mengklaim lebih dari 700.000 siswa -- termasuk, dilaporkan, jumlah mahasiswa sarjana terbesar di negara ini.

Sekitar 230 dari 500 perusahaan terbesar di dunia, berdasarkan daftar Fortune Global, telah berinvestasi di sana.

Ada juga investasi penting dari Perancis yang memiliki konsesi asing di Hankou, di Wuhan hari ini, antara 1886 dan 1943. Lebih dari 100 perusahaan Perancis telah berinvestasi di kota itu dan Peugeot-Citroen memiliki pabrik patungan China di sana.

 

3 dari 3 halaman

Pintu Gerbang 3 Ngarai

Wuhan juga dapat berfungsi sebagai pintu gerbang ke Tiga Ngarai - kawasan wisata dan rumah bagi bendungan listrik tenaga air yang besar.

Jadi, meskipun coronavirus berasal dari pasar makanan laut lokal, aliran orang masuk dan keluar dari Wuhan telah memastikan penyebarannya.

Pasien AS, misalnya, baru-baru ini mengunjungi Wuhan, seperti halnya kedua pasien Jepang. Pasien Korea tinggal di sana. Kasus di Thailand adalah turis Tiongkok dari Wuhan.

Arus besar orang masuk dan keluar dari Wuhan hanya akan meningkat ketika Tahun Baru Imlek mendekat, dan jutaan orang pulang untuk merayakannya.

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan para pelancong harus menghindari Wuhan, dan agar penduduk Wuhan tidak boleh meninggalkan kota.

Tetapi status Wuhan sebagai salah satu tempat terbesar - dan paling terhubung - di dunia berarti kasus internasional hampir pasti akan terus muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.