Sukses

Suhu Dingin Florida Picu Iguana Membeku dan Berjatuhan dari Pohon

Beberapa iguana di Florida jatuh dari pohon dan membeku akibat cuaca yang terlalu dingin.

Liputan6.com, Florida - Suhu di Florida belakangan ini sedang turun, begitu juga dengan kondisi iguana yang ikut melemah.

Berdasarkan laporan National Weather Service Miami (NWS), dengan suhu terendah mencapai -1 hingga 4 derajat Celcius pada Selasa malam di daerah Miami, beberapa iguana menjadi membeku sehingga gerak mereka melambat dan bahkan menjadi tidak bergerak sepenuhnya.

Dengan badan yang membeku dan tidak bisa bergerak, iguana tersebut banyak yang jatuh dari cabang-cabang pohon dan tergeletak begitu saja di pinggir jalan atau di halaman. Telah dipastikan oleh pihak berwenang, iguana tidak ada yang mati, melainkan hanya kedinginan.

Melalui akun twitter resmi NWS, pihak lembaga cuaca itu menyampaikan, "Ini bukan sesuatu yang biasanya dapat kami prediksi, tetapi jangan terkejut jika Anda melihat iguana jatuh dari pohon malam ini.” 

Beberapa penduduk setempat juga ikut meramaikan Twitter dengan mengunggah foto iguana jatuh di sekitar mereka.

Pihak NWS juga menambahkan bahwa tentu saja kejadian ini tidak biasa terjadi pada hari-hari biasanya di Florida. Pemberitahuan itu tentu mengejutkan para penduduk setempat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Iguana Bagaikan Hama?

Iguana bukan asli Florida, tetapi merupakan hewan asli Amerika Tengah dan Selatan, rupanya dianggap sebagai hama di Florida. Mereka merupakan spesies yang mudah menyerbu atau mengganggu, seperti merusak fondasi, dinding laut, merusak trotoar dengan menggali di bawahnya, dan meninggalkan kotoran di sekitar rumah.

Iguana pertama kali dilaporkan di negara bagian pada 1960-an di Hialeah, Coral Gables, dan Key Biscayne di sepanjang pantai tenggara Miami-Dade County.

Meskipun suhu dingin terus berlanjut hingga Rabu, rupanya suhu tersebut belum memecahkan rekor terdingin di Miami.

Menurut NWS, suhu terdingin untuk 22 Januari adalah terjadi pada tahun 1985, ketika Miami merasakan rendahnya -1 derajat Celcius dan Fort Lauderdale merasakan rendahnya -1.6 derajat Celcius.

Selain itu, di area  Florida Keys, para penduduk mengalami suhu terdingin dalam lima tahun, mulai dari yang rendah 4 derajat hingga 5 derajat Celcius.

Reporter: Jihan Fairuzzia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.