Sukses

Hujan Lebat Disertai Es Landa Australia, 80 Titik Api Masih Membara

Pihak berwenang ingatkan kebakaran masih jauh dari selesai

Liputan6.com, New South Wales- Badai telah membawa hujan lebat disertai es ke beberapa wilayah di Australia yang dilanda kebakaran di bagian timur. Namun krisis kebakaran hutan telah diperingatkan pihak berwenang di Australia bahwa kebakaran masih "jauh dari selesai".

Meskipun sudah adanya hujan deras, masih ada lebih dari 80 titik kobaran api yang dikabarkan masih membakar sejumlah wilayah di Australia, di antaranya New South Wales (NSW) dan Victoria pada Senin (20/1/2020).  

Badai besar juga dikabarkan telah melanda Melbourne dan Canberra, ditambah dengan hujan es sebesar bola golf jatuh di beberapa daerah.

Terjadinya hujan es tersebut menyebabkan ratusan panggilan darurat dilakukan ketika serpihan es menghancurkan jendela kantor dan kaca depan mobil di ibukota negara tersebut, seperti dikutip dari BBC.  

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angin Kencang Hasilkan Awan Debu

Badai parah juga diperkirakan akan melanda wilayah lain yang dilanda kebakaran hutan.

Victoria, New South Wales, dan Queensland dilaporkan telah mengalami hujan lebat dan banjir dalam beberapa hari terakhir, hingga membawa bantuan ke beberapa zona kebakaran.

Awan debu juga dilaporkan bermunculan dengan hasil dari adanya angin kencang, yang menghitamkan langit di kota-kota di sekitar wilayah New South Wales, seperti Orange dan Dubbo, seperti dikutip dari BBC.

3 dari 3 halaman

Bencana Paling Buruk

Menurut laporan pada bulan September lalu, kobaran api di Australia telah menewaskan sedikitnya 30 orang. Rumah yang ikut hancur berjumlah lebih dari 2.000 rumah, juga terbakarnya 10 juta hektar tanah hingga meluas seperti ukuran Inggris.

Rekor suhu dilaporkan memperburuk krisis hingga kekeringan parah dan perubahan iklim.

Bencana ini masih meresahkan puluhan komunitas di seluruh tenggara Australia, dengan adanya dampak kebakaran yang telah digambarkan sebagai bencana yang paling merusak dalam catatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.