Sukses

Kepada PBB, AS Sebut Pembunuhan Qasem Soleimani Jadi Cara untuk Bela Diri

Pihak AS menyebut bahwa pembunuhan Qasem Soleimani merupakan aksi mereka tersebut merupakan cara untuk membela diri.

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat mengatakan kepada PBB bahwa pembunuhan komandan Iran Qasem Soleimani pekan lalu adalah bentuk pertahanan diri dan berjanji untuk mengambil tindakan tambahan "seperlunya" di Timur Tengah untuk melindungi personel dan kepentingan AS.

Iran kemudian membalas kematian Soleimani dengan menembakkan rudal ke pangkalan militer yang menampung pasukan AS di Irak.

Presiden AS Donald Trump mengatakan tidak ada orang Amerika yang terluka, sambil menenangkan kekhawatiran bahwa kematian Soleimani dan respons Iran dapat memicu konflik yang lebih luas di Timur Tengah.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (9/1/2020), dalam sebuah surat kepada Dewan Keamanan PBB, Duta Besar AS Kelly Craft mengatakan Amerika Serikat juga siap untuk terlibat tanpa prasyarat dalam negosiasi serius dengan Iran, dengan tujuan mencegah bahaya perdamaian dan keamanan internasional lebih lanjut atau eskalasi oleh rezim Iran.

Pembunuhan Soleimani di Baghdad pada hari Jumat lalu dibenarkan berdasarkan Pasal 51 dari Piagam PBB, tulis Craft dalam surat yang dilihat oleh Reuters. Terdapat juga tulisan yang menambahkan "Amerika Serikat siap untuk mengambil tindakan tambahan di wilayah tersebut sebagaimana diperlukan untuk terus melindungi personel AS dan minat".

Menurut Pasal 51, negara-negara diharuskan untuk "segera melaporkan" kepada Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 orang, segala tindakan yang diambil dengan tujuan bela diri.

Sebelumnya, Amerika Serikat menggunakan Pasal 51 untuk membenarkan tindakan yang dilakukan di Suriah terhadap militan Negara Islam pada 2014.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencegah Aksi Qasem Soleimani

Trump mengatakan keputusan untuk membunuh Soleimani didasarkan pada intelijen yang menunjukkan ia merencanakan "serangan segera" terhadap target AS di Timur Tengah.

Tetapi baik Trump maupun tim keamanan nasionalnya, termasuk Sekretaris Negara Mike Pompeo, Menteri Pertahanan Mark Esper dan penasihat keamanan nasional Robert O'Brien, tidak dapat memberikan rincian.

"Lima hari sejak kejadian ini dan Anda belum mendengar apa pun tentang 'bahaya yang akan terjadi'," kata seorang mantan pejabat senior pemerintahan pada hari Rabu. "Itu berarti mereka punya masalah."

Senator Republik Mike Lee mengatakan briefing hari Rabu untuk para senator oleh Pompeo dan Esper membuatnya tidak puas dan tertekan. Mereka bahkan menyebutnya sebagai briefing terburuk yang pernah diterimanya.

"Saya berharap menerima lebih banyak informasi yang menguraikan pembenaran hukum, faktual, dan moral atas serangan itu," katanya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Iran Juga Bela Diri

Iran juga membenarkan tindakannya berdasarkan Pasal 51 dari Piagam PBB dalam sebuah surat kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Rabu. Surat AS untuk Dewan Keamanan PBB tiba setelah surat Iran, kata diplomat.

Duta Besar Iran untuk PBB, Majid Takht Ravanchi menulis bahwa Teheran "tidak mencari eskalasi atau perang" setelah menggunakan haknya untuk membela diri dengan mengambil "respons militer yang terukur dan proporsional dengan menargetkan pangkalan udara Amerika di Irak".

"Operasi itu tepat dan menargetkan sasaran militer sehingga tidak meninggalkan kerusakan jaminan pada warga sipil dan aset sipil di daerah itu," tulis Ravanchi.

"Dengan serius memperingatkan tentang petualangan militer lebih lanjut terhadapnya, Iran menyatakan bahwa mereka bertekad untuk terus, dengan penuh semangat dan sesuai dengan hukum internasional yang berlaku, membela rakyatnya, kedaulatan, persatuan dan integritas teritorial terhadap agresi apa pun," katanya.

Iran sangat menghormati kedaulatan Irak, tambahnya.

Kelly Craft mengatakan kematian Soleimani dan serangan udara AS di Irak dan Suriah pada 29 Desember terhadap kelompok milisi yang didukung Iran adalah "sebagai tanggapan atas serangkaian serangan bersenjata yang meningkat dalam beberapa bulan terakhir oleh Republik Islam Iran dan milisi yang didukung Iran pada pasukan AS dan kepentingan di Timur Tengah".

Dia mengatakan tujuannya adalah untuk mencegah Iran dari melakukan atau mendukung serangan dan menurunkan kemampuannya dalam melakukan serangan.

Duta Besar Baru AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa Kelly Craft berbicara kepada wartawan setelah menghadiri pertemuan pertamanya.

4 dari 4 halaman

Trump Berada di Bawah Tekanan

Trump terperangkap di antara dua impuls dalam beberapa waktu lalu menjelang ia memerintahkan pembunuhan Soleimani, Partai Republik yang dekat dengan Gedung Putih mengatakan: "Dia berada di bawah tekanan untuk menanggapi provokasi Iran di wilayah tersebut, tetapi enggan menggunakan kekuatan, lebih memilih untuk tetap fokus tentang sanksi ekonomi."

Trump tidak merahasiakan penghinaannya terhadap keputusan Presiden Republik George W Bush untuk menginvasi Irak pada tahun 2003, dan ia akan menghadapi tuduhan kemunafikan politik jika tindakan dan retorikanya memicu perang dengan Teheran.

Pada Rabu pagi, ketika dia mengubah kata-kata dari pidatonya di televisi, Trump merasa lega bahwa dia tampaknya telah menghindari skenario terburuk itu sambil tetap waspada bahwa Iran masih bisa merespons lebih lanjut, kata para pembantunya.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan bahwa serangan itu "menyimpulkan" tanggapan Teheran terhadap pembunuhan Soleimani, dan ulama Syiah Irak Moqtada al-Sadr yang berpengaruh dan mengatakan krisis telah berakhir.

"Iran tampaknya akan mundur, yang merupakan hal yang baik untuk semua pihak yang berkepentingan dan hal yang sangat baik bagi dunia," kata Trump dalam pidatonya. Dia menambahkan Amerika Serikat tidak perlu menanggapi serangan Iran secara militer.

Impuls presiden kemungkinan akan diuji lagi dalam beberapa minggu mendatang, namun, ketika para pejabat AS memperingatkan bahwa Iran kemungkinan akan membalas dengan cara asimetris, misalnya melalui serangan kekuatan proxy terhadap Amerika dan dengan serangan cyber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.