Sukses

Singapura-RI Fokus Soal Penguatan Kualitas SDM

Liputan6.com, Bali - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Negara Singapura untuk Urusan Sumber Daya Manusia Zaky Mohammad, di sela-sela kegiatan Forum Demokrasi Bali (Bali Democracy Forum/BDF) ke-12 di Nusa Dua, Bali pada Kamis 5 Desember 2019.

Seperti disampaikan keterangan tertulis Kemlu RI yang dikutip dari Antara News, Sabtu (7/12/2019), dalam pertemuan bilateral itu kedua menteri fokus membahas upaya penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Pada kesempatan itu, Menlu Retno juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Singapura yang konsisten mengirimkan pejabat tinggi untuk berpartisipasi pada BDF dari tahun ke tahun.

Menteri Zaky dalam pertemuan BDF kali ini menjadi pembicara dalam diskusi panel dengan tema "Moving Towards Inclusive State Building" (Bergerak Menuju Pembangunan Inklusif Negara).

Pada kesempatan itu, Menlu Retno juga menawarkan kerja sama lebih luas di bidang pengembangan SDM dengan Menteri Zaky, yang memiliki portfolio dalam isu perencanaan nasional dan tenaga kerja.

Menlu RI juga mengapresiasi inisiatif Singapura yang akan menyediakan kesempatan lebih luas bagi tenaga kerja terampil Indonesia untuk melakukan internship atau magang di Singapura.

Hal itu, menurut Retno, akan dapat semakin meningkatkan wawasan dan ketrampilan manajerial SDM Indonesia. Selanjutnya, salah satu kerja sama Indonesia-Singapura ke depan adalah di bidang pelatihan kejuruan (vocational training).

Selain itu, pemerintah Indonesia dan Singapura juga berkomitmen untuk melaksanakan berbagai kesepakatan yang dibuat kedua pemimpin negara dalam pertemuan Leaders’ Retreat di Singapura pada Oktober 2019 lalu.

2 dari 2 halaman

Salah Satu Isu Prioritas

Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia merupakan salah satu prioritas pemerintah RI di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo pada periode kedua ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia bisa melaksanakan visinya menjadi negara maju jika fokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Saya yakin dengan fokus pada peningkatan kualitas SDM, Indonesia dapat segera mewujudkan visinya menjadi negara maju," ucap Jokowi dalam pidato tentang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) dan Nota Keuangan 2020 di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta pada Jumat 16 Agustus lalu.

Jokowi pun menekankan bahwa peningkatan kualitas SDM juga menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing nasional, salah satunya di bidang ekonomi.