Sukses

Australia Connect, Ajang Pamer Sektor Kreatif Negeri Kanguru Diluncurkan

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Australia di Jakarta akan meluncurkan program kampanye 'Australia Connect', sebagai bagian dari rangkaian perayaan 70 tahun hubungan diplomatiknya dengan Indonesia, yang jatuh pada 27 Desember mendatang.

Duta Besar Australia, Gary Quinlan, mengatakan bahwa kampanye tersebut berisi rangkaian program acara yang memamerkan sektor-sektor kreatif Australia melalui musik, film, makanan dan seni.

Australia Connect akan memperdalam ikatan budaya antara Australia dan Indonesia, menyoroti pesat melalui musik, film, makanan, seni, sejarah dan budaya Penduduk Asli Australia yang kaya, serta multikulturalisme dan keanekaragaman Australia.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan, saat membuka program Australia Connect di Museum Nasional, Jakarta, Rabu 13 November 2019 (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

"Kami berharap melalui kampanye ini, akan ada lebih banyak masyarakat Indonesia yang dapat terhubung dengan budaya dan talenta kreatif Australia," kata Dubes Quinlan pada acara peluncuran yang diadakan di Museum Nasional, Jakarta, Rabu 13 November 2019.

"Australia Connect akan meliputi pertunjukan oleh Dan Sultan, penyanyi dan penulis lagu yang merupakan Penduduk Asli Australia; acara tahunan kami Festival Sinema Australia Indonesia dan festival kuliner Taste of Australia; serta juga berbagai acara lainnya."

2 dari 3 halaman

A Friendship is Born

Australia Connect diluncurkan pada pembukaan pameran baru di museum nasional: Two Nations: a Friendship is Born, yang dikurasi oleh Australian National Maritime Museum.

Pameran ini menceritakan dukungan Australia untuk kemerdekaan Indonesia.

"27 Desember 2019 adalah peringatan ke - 70 hubungan diplomatiik antara Australia dan Indonesia, tetapi dukungan kami untuk pembentukan Republik Indonesia datang sebelum pengakuan resmi atas kedaulatan Indonesia," kata Dubes Quinlan.

Menyusul deklarasi kemerdekaan Indonesia, Australia mewakili Indonesia melobi di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) yang baru dibentuk, dan kemudian dipilih oleh Indonesia untuk mewakili dalam negosiasi PBB yang pada akhirnya mengarah pada kemerdekaan.

Terdapat juga dukungan kuat dari masyarakat di Australia untuk kemerdekaan Indonesia.

"Hari ini, bagian dari sejarah kita bersama ini sayangnya tidak banyak diketahui di Australia atau Indonesia. Saya berharap melalui pameran ini kita dapat diingatkan akan permulaan yang penuh inspirasi tentang hubungan kita sebagai tetangga yang masa depannya sangat terikat satu sama lain," kata Dubes Quinlan.

Pameran Two Nation: a Friendship is Born terbuka untuk umum di Museum Nasional Indonesia hingga 14 Desember. Pameran ini juga akan diadakan di Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Rekap Medali SEA Games 2019: Indonesia Tempati Posisi Kedua
Artikel Selanjutnya
16 Pulau Indah di Dunia Versi Situs Travel AS, Nomor 7 dari Indonesia