Sukses

Turki Akan Korek Intelijen Soal ISIS dari Adik al-Baghdadi yang Diciduk di Aleppo

Adik dari mantan pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi yang tewas telah ditangkap di Suriah bagian utara, kata pejabat Turki.

Liputan6.com, Ankara - Adik dari mantan pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi yang tewas telah ditangkap di Suriah bagian utara, kata pejabat Turki.

Perempuan berusia 65 tahun bernama Rasmiya Awad itu ditahan dalam serbuan militer Turki pada Senin 4 November 2019 di Kota Azaz, kata para pejabat, dikutip dari BBC, Selasa (5/11/2019).

Penangkapan itu dilaporkan dilakukan di provinsi Aleppo, yang kini dikendalikan oleh Turki setelah sukses mengusir Kurdi Suriah lewat sebuah operasi militer bulan lalu.

Awad ditemukan di sebuah mobil karavan, di mana dia tinggal bersama suaminya, menantu perempuan dan lima anak, seorang pejabat Turki mengatakan kepada kantor berita AP, menambahkan bahwa dia sedang diinterogasi karena dicurigai terlibat dengan kelompok ekstremis.

Pejabat itu mengatakan bahwa Awad bisa menjadi "tambang emas" intelijen --Reuters melaporkan.

Namun, para ahli mengatakan tidak jelas berapa banyak intel soal ISIS yang berguna dari Awad, atau berapa banyak waktu yang dihabiskannya dengan Baghdadi.

"Saya tidak berpikir dia akan mengetahui rahasia rencana serangan yang akan segera terjadi, tetapi dia mungkin tahu rute penyelundupan. Dia mungkin tahu jaringan yang dipercaya Baghdadi, orang-orang yang dia percayai, jaringan di Irak yang membantunya memfasilitasi perjalanannya sendiri dan keluarganya," kata Mike Pregent, seorang pakar anti terorisme di Institut Hudson, mengatakan kepada BBC World News.

"Ini harus dapat memberikan intelijen AS dan pejabat intelijen sekutu mengenai pandangan ke jaringan ISIS dan bagaimana mereka memindahkan anggota keluarga, bagaimana mereka melakukan perjalanan dan siapa yang mereka percayai."

Baghdadi memiliki lima saudara lelaki dan beberapa saudara perempuan, meskipun tidak jelas apakah mereka semua masih hidup, lapor the New York Times.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kematian al-Baghdadi

Kakak Awad, al-Baghdadi, bunuh diri dalam serangan pasukan khusus AS di kompleks persembunyiannya di Suriah barat laut pada akhir bulan lalu. Baghdadi meledakkan rompi bunuh diri setelah melarikan diri ke dalam terowongan saat serangan AS di tempat persembunyiannya di provinsi Idlib, kata Presiden AS Donald Trump.

Cuplikan dari serangan itu kemudian dirilis oleh militer AS. Dalam rekaman kasar, helikopter terlihat menembaki orang-orang bersenjata di tanah ketika mereka terbang menuju sebuah kompleks di mana Baghdadi bersembunyi.

Saat mendarat, pasukan komando pasukan khusus AS melubangi tembok kompleks dan meminta Baghdadi untuk menyerah, kata militer. Tetapi dia melarikan diri ke sebuah terowongan dan meledakkan rompi bom, bunuh diri dan dua anak yang dia bawa.

Trump mengatakan tes DNA dilakukan untuk memverifikasi identitas Baghdadi, mengkonfirmasikan kematiannya.

Setelah serangan itu, kompleks itu dihancurkan dalam serangan udara.

Kematiannya dipuji sebagai kemenangan bagi Trump, tetapi para kritikus berpendapat bahwa ISIS tetap menjadi ancaman keamanan di Suriah dan di tempat lain.

Abu Ibrahim al-Hashemi al-Qurayshi (beberapa menuliskannya sebagai al-Qurashi) sejak saat itu dinobatkan sebagai pemimpin baru dan "khalifah" ISIS, kata seorang juru bicara kelompok teror tersebut, yang menambahkan bahwa "kami belum tamat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.