Sukses

Ini Rombongan PM Malaysia yang Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad akan ke Jakarta pada 20 Oktober 2019. Kunjungan kerja itu untuk menghadiri upacara pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2019 - 2024 di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

"PM Mahathir Mohamad akan ditemani istri, Siti Hasmah Mohd Ali, dan Menteri Urusan Luar Negeri, Saifuddin Abdullah serta sejumlah pejabat senior dan dari Kementerian Luar Negeri," demikian menurut kantor PM Malaysia melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (19/10/2019).

Kunjungan rombongan ini melambangkan hubungan bilateral yang hangat dan dekat antara Malaysia dengan Indonesia. Hal ini tentu saja akan berkontribusi untuk lebih memperkuat ikatan persahabatan antara kedua negara.

Sementara itu, menurut Kementerian Luar Negeri RI, Wakil Presiden China, Wang Qishan juga berencana untuk menghadiri pelantikan Presiden Jokowi seperti yang dikatakan Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir, September lalu.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Rombongan Perwakilan Australia

Salah satu yang dipastikan akan hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf adalah Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.

Sejak pelantikan presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2004, yang dihadiri PM John Howard saat itu, perdana menteri Australia tak pernah absen untuk hadir dalam acara kenegaraan tersebut.

Kevin Rudd di tahun 2009 juga datang ke Jakarta untuk pelantikan presiden Yudhoyono untuk kedua kalinya dan Tony Abbott menghadiri pelantikan presiden Jokowi di tahun 2014.

Seperti dikutip dari ABC Indonesia, Selasa 8 Oktober 2019, kedatangan PM Morrison ke upacara pelantikan Presiden Jokowi akan menjadi kunjungan kedua baginya ke Indonesia.

Bulan September 2018, PM Morrison yang saat itu baru saja dilantik, datang ke Jakarta untuk membahas kemitraan ekonomi komprehensif dan menyamakan kedudukan Indonesia dengan China dalam hubungan diplomatik.

Menjadi sebuah 'tradisi' juga bagi Perdana Menteri Australia yang baru terpilih untuk mendatangi Indonesia, sebagai kunjungan luar negeri pertama kalinya.  

3 dari 3 halaman

Utusan Amerika Serikat

Sementara itu, Donald Trump mengumumkan delegasi presiden ke Indonesia untuk menghadiri pelantikan Joko Widodo (Jokowi), menjadi pemimpin RI untuk periode kedua. Perwakilan dari Negeri Paman Sam itu akan datang untuk menghadiri acara yang digelar dalam hitungan hari.

Delegasi Presiden AS untuk Indonesia akan menghadiri pelantikan Jokowi kembali menjadi Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2019 mendatang.

"Elaine L. Chao, Secretary of Transportation atau Menteri Transportasi akan memimpin delegasi," kata Donald Trump melalui keterangan tertulis Gedung Putih yang disampaikan oleh Kedutaan Besar Amerika di Indonesia, Sabtu 12 Oktober 2019.

Dalam pernyataan tersebut, disebutkan bahwa salah satu anggota delegasi presiden itu adalah Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Joseph R. Donovan Jr.

Loading
Artikel Selanjutnya
Profesor Palsu Membawa Parang di Mobil Dikenakan Pasal Berlapis
Artikel Selanjutnya
Akhir Profesor Abal-Abal yang Ingin Gagah-gagahan Foto di DPR