Sukses

6 Lokasi Ini Tak Bisa Dilihat Jelas di Google Maps, Sengaja Disembunyikan?

6 lokasi yang tidak bisa dilihat di Google Maps, sengaja ditutupi oleh otoritas terkait?

Liputan6.com, Taipei - Google Maps adalah aplikasi yang digunakan masyarakat global sebagai penunjuk arah, penglihat lokasi, atau hanya untuk sekadar mengecek keberadaan tempat yang dituju.

Aplikasi ini memiliki misi yang berani untuk mendokumentasikan setiap sudut Bumi, tetapi beberapa tempat di Google Maps ada yang tidak bisa diakses, tidak bisa diperjelas, tidak bisa diperbesar, dan dianggap sangat rahasia sehingga lokasi tersebut tidak diizinkan untuk difoto.

Dari pangkalan militer, pulau-pulau misterius, hingga rumah di Stockton-on-Tees, berikut 6 lokasi yang tidak bisa dilihat jelas pada Google Maps, seperti dikutip dari Sun, Kamis (26/9/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Moruroa, Polinesia Prancis

Moruroa adalah atol (pulau karang berbentuk lingkaran, biasanya di tengahnya terdapat danau atau laguna) kecil di Samudra Pasifik selatan.

Tidak jelas mengapa sebagian besar pulau itu disensor, tetapi beberapa menduga hal ini berkaitan dengan sejarah nuklir nusa tersebut.

Perancis melakukan uji coba nuklir yang signifikan di Moruroa antara tahun 1966 dan 1996.

3 dari 7 halaman

2. 2207 Seymour Avenue, Ohio

Rumah yang disensor ini adalah tempat penculikan terkenal yang dilakukan Ariel Castro, terjadi antara 2002 dan 2004 di Cleveland, Ohio. Tiga wanita muda diculik oleh Castro dan ditawan di rumahnya.

Salah satu wanita akhirnya melarikan diri dan memberi tahu polisi. Castro dipenjara seumur hidup ditambah 1.000 tahun penjara, tetapi gantung diri setelah satu bulan menjalani hukuman.

4 dari 7 halaman

3. Pangkalan Angkatan Udara Taiwan

Pangkalan Angkatan Udara Taiwan ini dianggap aneh, karena tidak dikaburkan (blur) di Google Maps. Namun, jika Anda mencoba memperbesar gambarnya, layar ponsel Anda akan mentok di samping --biasanya ke jalan ke timur.

Akan tetapi, memang seluruh fasilitas militer dan pangkalan yang dimiliki oleh sebuah negara, di Google Maps, tidak pernah ditampilkan.

5 dari 7 halaman

4. Pulau Jeannette, Rusia

Pulau Jeannette adalah sebuah pulau kecil di Laut Siberia Timur, yang panjangnya hanya 1,2 mil.

Pulau ini sebagian besar tertutup oleh es, dan memiliki puncak setinggi 1.152 kaki di tengahnya.

Tidak jelas persis mengapa gambar pulau itu dikaburkan, meskipun masih menjadi misteri: apakah pulau itu milik Rusia atau Amerika Serikat.

6 dari 7 halaman

5. Patio de los Naranjos, Spanyol

Patio de los Naranjos, yang diterjemahkan menjadi Orange Tree Yard, adalah sebuah wilayah di Almeria, Spanyol.

Tidak jelas mengapa daerah tersebut di-blur di Google Maps, tetapi kemungkinan terkait dengan bangunan pemerintah di sekitarnya.

7 dari 7 halaman

6. Pulau Sandy

Pulau Sandy dikenal sebagai "pulau hantu". Nusa ini dipetakan selama lebih dari satu abad karena terletak di dekat Kaledonia Baru (wilayah Prancis), dan telah dimasukkan dalam banyak peta dan peta laut.

Pulau ini pertama kali "ditemukan" dan dipetakan oleh Kapten James Cook pada September 1774, tetapi akhirnya "tidak ditemukan" pada tahun 1979.

Pulau itu ditampilkan di Google Maps hingga November 2012, ketika para ilmuwan Australia mengonfirmasi ketidakhadirannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.